Halo gaes, bertemu lagi dengan mimin ganteng yang kali ini akan membagikan sebuah contoh Rencana Pembelajaran yang mungkin kalian membutuhkan.
dalam pembelajran, memang kita slalu butuh sebuah rencana pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Namun, kebanyakan dari pengajar sering tidak menggunakan RPP nya dengan baik. beberapa kasus ditemui, bahwa RPP hanya sebuah RPP hanya dijadikan sebagai "bahan bawaan" yang dibawa ke dalam kelas. entah itu dibuka atau tidak, yang jelas RPP seharusnya dijadikan sebagai acuan dan pertimbangan untuk mengalokasikan materi dan waktu pembelajaran.
baiklah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak contoh di bawah ini
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
...............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester :
VII/dua
Materi Pokok : Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan
Puisi Rakyat
Alokasi Waktu : 5 Pertemuan (15 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. |
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
1. |
3.10 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi
rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang
dibaca dan didengar. |
3.10.1 Menyimpulkan
variasi pola pengembangan isi pantun 3.10.2 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun 3.10.3 Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya 3.10.4 Memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat
berupa pantun 3.10.5 Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa 3.10.6. Mmemperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata,
kalimat, ejaan dan tanda baca. |
2. |
4.10 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan
dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa |
4.10.1 Menulis puisi
rakyat dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan
kaidah puisi rakyat (pantun) 4.10.2 Menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk
musikalisasi 4.10.3 Menyajikan pantun dalam bentuk berbalas
pantun |
B.
Tujuan Pembelajaran
3.10.1 Melalui
membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik
dapat menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun
3.10.2 Melalui
membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik
dapat menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun
3.10.3 Melalui
membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik
dapat melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan
kaidah bahasa
serta
menelaahnya
3.10.4
Melalui membaca puisi
rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik
dapat memvariasikan
beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa
pantun
3.10.5 Melalui
membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik
dapat mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
3.10.6. Melalui membaca puisi
rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik
dapat memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun,
penggunaan kata,
kalimat,
ejaan dan tanda baca.
4.10.1 Melalui membaca puisi
rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik dapat menulis puisi rakyat
dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah puisi rakyat (pantun)
4.10.2 Melalui membaca puisi
rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik
dapat menyajikan syair dan gurindam dalam
bentuk musikalisasi
4.10,3 Melalui
membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik
dapat menyajikan pantun dalam bentuk berbalas pantun
C.
Materi Pembelajaran
1.
Pola pengembangan pantun
2.
Struktur puisi rakyat
3.
Karakteristik tiap bagian puisi rakyat
4.
Cara melengkapi puisi rakyat
5.
Variasi puisi rakyat dari segi kalimat yang digunakan
6.
Penggunaan kata/ kalimat pada puisi rakyat (pantun)
7.
Menelaah struktur puisi rakyat
8.
Melengkapi struktur puisi rakyat (melengkapi bagian identifikasi/
gambaran umum, deskripsi bagian)
9.
Memvariasikan beragam puisi rakyat (pantun)
10. Membuat telaah ketepatan struktur,
syarat pantun, dan penggunaan bahasa pada puisi rakyat
D.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model : Sintak 5 M
(Discovery Learning)
3.
Metode : Diskusi/kerja
kelompok/ Berpasangan, Pemberian tugas, Tanya jawab
E.
Sumber Belajar
· Harsiati,
Titik, Trianto, Agus, Kosasih. Bahasa Indonesia
Edisi Revisi untuk SMP/M.Ts. Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 165-192).
·
Media massa (Koran dan
majalah), video, dan Internet
F.
Media Pembelajaran
Model : Contoh puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
Gambar : Video baca
puisi dan musikalisasi puisi
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
a.
Pendahuluan (10
menit )
1.
Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta
didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.
Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu
“Injit-injit semut”.
3.
Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat
(pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta
didik dalam pembelajaran pengembangan isi
pantun dan prinsip penggunaan kata/kalimat
pada pantun.
4.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan pengembangan isi
pantun dan prinsip penggunaan kata/kalimat
pada pantun.
5.
Peserta
didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
6.
Peserta
didik menerima penyampaikan lingkup penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.
b.
Kegiatan inti (100
menit)
1.
Peserta didik membaca puisi
rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 166-169)
2.
Peserta didik membangun konteks dengan bertanya jawab
tentang pola pengembangan isi puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).
3.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu pola pengembangan isi
pantun, prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun dan, struktur kaidah dan
bahasa pantun.
4.
Peserta didik secara
berkelompok mendiskusikan pola pengembangan
isi puisi pantun, prinsip penggunaan
kata/kalimat pada pantun dan, struktur kaidah bahasa pantun.
5.
Peserta didik
menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara
bergantian dan kelompok
lain memberi tanggapan atau komentar.
c.
Penutup (10 menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pola
pengembangan isi puisi pantun prinsip penggunaan kata/kalimat
pada pantun.
2.
Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta
peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
a.
Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah
dilakukan ?
b.
Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
c.
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan
dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
4.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran
pola pengembangan isi pantun, prinsip penggunaan kata/istilah pada
pantun dan, struktur kaidah bahasa pantun.
5.
Peserta
didik menerima tugas dari guru mencari contoh pantun di majalah, koran, atau di buku.
6.
Peserta
didik menerima penyampian guru tentang kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling
mengesankan.
2.
Pertemuan ke-2
a.
Pendahuluan (10
menit )
1.
Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta
didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.
Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu
“Injit-injit semut”.
3.
Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat
(pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta
didik dalam pembelajaran variasi pola pengembangan pantun, komentar pantun dan, perbaiakan kesalhan
penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan
dan tanda baca.
4.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu variasi
pola pengembangan pantun, komentar pantundan, perbaiakan kesalhan penulisan
pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda
baca.
5.
Peserta
didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
6.
Peserta
didik menerima penyampaikan lingkup penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.
b.
Kegiatan inti (100
menit)
1.
Peserta didik membaca
puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 179-183)
2.
Peserta didik membangun konteks dengan bertanya jawab
tentang struktur puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).
3.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu variasi
pola pengembangan pantun, komentar pantundan, perbaiakan kesalhan penulisan
pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda
baca.
4.
Peserta didik secara
berkelompok mendiskusikan variasi pola pengembangan pantun, komentar pantundan, perbaiakan kesalhan
penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan
dan tanda baca.
5.
Peserta didik
menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok
lain memberi tanggapan atau komentar.
c. Penutup (10 menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan
struktur puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).
2.
Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta
peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
a. Apa manfaat yang diperoleh melalui
pembelajaran yang telah dilakukan ?
b. Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
c. Apa
sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan
dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
4.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran variasi
pola pengembangan pantun, komentar pantu ndan, perbaiakan kesalhan penulisan
pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda
baca.
5.
Peserta
didik menerima tugas dari guru mencari contoh puisi rakyat (pantun,syair, gurindam). di majalah, koran, atau di buku.
6.
Peserta
didik menerima penyampian guru tentang kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling
mengesankan.
3. Pertemuan ke-3
b.
Pendahuluan (10
menit )
1.
Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta
didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.
Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu
“Injit-injit semut”.
3.
Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat
(pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta
didik dalam pembelajaran menulis
pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah
pantun.
4.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan
struktur dan, kaidah pantun.
5.
Peserta
didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
6.
Peserta didik menerima
penyampaikan lingkup penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.
b.
Kegiatan inti (100 menit)
1.
Peserta didik membaca
puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 180-186)
2.
Peserta didik membangun konteks dengan bertanya jawab
tentang telaah kebahasaan puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).
3.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu telaah
kebahasaan syair dan gurindam
4.
peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata,
kelengkapan struktur dan, kaidah pantun.
5.
Peserta didik
menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau
komentar.
c.
Penutup (10 menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan kebahsaan syair
dan gurindam..
2.
Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta
peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
a.
Apa manfaat yang
diperoleh melalui pembelajaran yang telah
dilakukan ?
c.
Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
d.
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan
dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
4.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran menulis
pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah
pantun.Peserta didik menerima tugas dari guru
mencari contoh syair dan gurindam di majalah, koran, atau di buku.
5.
Peserta
didik menerima penyampian guru tentang kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling
mengesankan.
4.
Pertemuan ke- 4
a.
Pendahuluan (10
menit )
1.
Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta
didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.
Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu
“Injit-injit semut”.
3.
Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair,
gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam
pembelajaran menyajikan
syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.
4.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan
syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.
5.
Peserta
didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan
6.
Peserta
didik menerima penyampaikan lingkup penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.
b. Kegiatan
inti (100
menit)
1.
Peserta didik membaca
puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 186-189)
2.
Peserta didik membangun konteks dengan bertanya jawab
tentang telaah kebahasaan puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).
3.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu musikalisasi
syair/gurindam
4.
peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan menyajikan
syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.
5.
Peserta didik
menyajikan hasil diskusi secara kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok
lain memberi tanggapan atau komentar.
c.
Penutup (10 menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan musikalisasi
syair/gurindam.
2.
Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta
peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
a.
Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah
dilakukan ?
b.
Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
c.
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan
dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
4.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran menyajikan
syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.
5.
Peserta
didik menerima tugas dari guru mencari contoh musikalisasi syair/ gurindam di majalah, koran,
atau di buku kumpulan nyanyian.
6.
Peserta didik menerima
penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan
pengalaman yang paling mengesankan.
5. Pertemuan ke- 5
a.
pendahuluan (10
menit )
1.
Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk
mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta
didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.
Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu
“Injit-injit semut”.
3.
Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat
(pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta
didik dalam pembelajaran berbalas
pantun
4.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu berbalas pantun.
5.
.Peserta didik menerima
penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
6.
Peserta
didik menerima penyampaikan lingkup penilaian pembelajaran yang akan dilakukan.
b. Kegiatan
inti (100 menit)
1.
Peserta didik membaca
puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 (hal. 189-191)
2.
Peserta didik
membangun konteks dengan bertanya jawab tentang berbalas
pantun dan syair
3.
Peserta
didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu berbalas pantun
4.
peserta
didik secara berkelompok berdiskusi menentukan kelompok pasangan berbalas pantun
5.
Peserta didik
menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok
lain memberi tanggapan atau komentar
c. Penutup (10 menit)
1.
Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang
telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta
peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
b.
Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah
dilakukan ?
c.
Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
d.
Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
2.
Peserta
didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan
dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3.
Peserta
didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran berbalas
pantun.
4.
Peserta
didik menerima tugas dari guru mencari contoh berbalas pantun dan syair di majalah, koran, atau
di buku kumpulan pantun dan syair.
5.
Peserta
didik menerima penyampian guru tentang kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling
mengesankan.
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/
jurnal.
b.
Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian keterampilan
dilakukan dengan teknik kinerja.
2.
Instrumen
Penilaian
Pertemun ke- 1
a.
Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan
Sikap Sosial
Nama Sekolah : ................................
Kelas/Semester :
VII/2
Tahun pelajaran :
201 .. /201...
‘No |
Waktu |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Instrumen
Penilaian
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah.
Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan
jam kamu membaca secara jujur.
JURNAL MEBACA
Nama/kelas :
Judul
Buku :
Pengarang :
Terbitan :
Waktu
baca :
tanggal………………………..sampai…………………………..
Tanggal baca |
Ringkasan isi |
Komentar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Instrumen
Uraian
Kisi-kisi Penilaian KD 3.10
Kompetensi
Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Teknik/Bentuk |
Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang dibaca dan didengar |
· Pola pengembangan pantun · Penggunaan
kata/kalimat pada pantun ·
Melengkapi pantun
sesuai struktur kaidah bahasa |
·
Disajikan 1 bait
pantun, siswa dapat menyimpulkan
variasi pola pengembangan isi pantun ·
Disajikan 1 bait
pantun, siswa dapat menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun ·
Disajikan 1 bait
pantun yang rumpang, siswa dapat melengkapi pantun sesuai dengan struktur
kaidah bahasa |
Tertulis/ uraian |
Instrumen Penilaian uraian
·
Sebutkan cara
pengembangan isi pantu!
·
Simpulkan prinsip
penggunaan kata/kalimat pada pantun
Rubrik penilaian uraian
1.
Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun |
4 |
3 |
2 |
1 |
a. Sswa menyebutkan pola
pengembangan isi pantun dengan benar dan lengkap b. Sswa menyebutkan pola
pengembangan isi pantun dengan benar dan dan kurang lengkap c. Sswa menyebutkan pola
pengembangan isi pantun tidak benar d. Sswa tidak menyebutkan pola
pengembangan isi pantun sama sekali |
|
|
|
|
2.
Penggunaan kata/ kalimat pada pantun |
|
|
|
|
a.
Siswa
menggunakan kata/kalimat pada pantun dengan
tepat b.
Siswa
menggunakan kata/kalimat pada pantun dengan
kurang tepat c.
Siswa
menggunakan kata/kalimat pada pantun tidak tepat d.
Siswa
tidak menggunakan kata/kalimat pada pantun sama sekali |
|
|
|
|
3. Melengkapi pantun yang rumpang |
|
|
|
|
a.
Siswa
melengkapi pantun yang rumpang dengan benar b.
Siswa
melengkapi pantun yang rumpang kurang benar c.
Siswa
melengkapi pantun yang rumpang tidak benar d.
Siswa
tidak melengkapi pantun yang rumpang sama sekali |
|
|
|
|
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
Dibagi
skor maksimal
Pertemuan ke-2
a.
Instrumen
jurnal
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : ........................
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
pelajaran : 201../201...
‘No |
Waktu |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Instrumen Penilaian jurnal
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah.
Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan
jam kamu membaca secara jujur.
JURNAL MEBACA
Nama/kelas :
Judul
Buku :
Pengarang :
Terbitan :
Waktu
baca :
tanggal………………………..sampai…………………………..
Tanggal baca |
Ringkasan isi |
Komentar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Instrumen uraian
Kisi-kisi
Penilaian KD 3.10
Kompetensi
Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Teknik/Bentuk |
Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi
rakyat setempat) yang dibaca dan didengar |
1.
Variasi pola pengembangan pantun 2.
Mengomentari pantun dari segi struktur dan bahasa 3.
Memperbaiki kesalahan pantun dari segi isi/syarat
pantun/penggunaan kata/kalimat/ejaan/tanda baca |
·
Disajikan 2 bait
pantun secara acak, siswa dapat memvariasi pantun ·
Disajikan 2 bait
pantun, siswa dapat mengomentari dari segi struktur dan bahasa ·
Disajikan 1 bait
pantun yang kurang tepat dari segi isi/syarat pantun/penggunaan
kata/kalimat/ejaan/tanda baca, siswa dapat memperbaiki kesalahan |
Tertulis/ uraian |
Instrumen Penilaian
·
Tentukan Struktur puisi
rakyat (pantun,
syair, gurindam)
Rubrik penilaian
Hal yang dinilai
Memvariasi pola pengembangan pantun memvariasi |
4 |
3 |
2 |
1 |
a.
Bagian
sampiran pantun ·
Rima
silang pada larik 1 dan 2 ·
si
kalimat dalam sampiran logis ·
Struktur
kalimat sesuai dengan kaidah ·
Tidak
berkaitan langsung dengan isi pantun Bagian
isi pantun ·
Rima
silang pada larik 3 dan 4 ·
Isi
kalimat logis ·
Struktur
kalimat sesuai dengan kaidah ·
Tidak
berkaitan langsung dengan isi sampiran |
|
|
|
|
Hal yang dinilai
Mengomentari pantun
dari segi struktur dan bahasa |
4 |
3 |
2 |
1 |
b.
Bagian
sampiran pantun ·
Rima
silang pada larik 1 dan 2 ·
si
kalimat dalam sampiran logis ·
Struktur
kalimat sesuai dengan kaidah ·
Tidak
berkaitan langsung dengan isi pantun Bagian
isi pantun ·
Rima
silang pada larik 3 dan 4 ·
Isi
kalimat logis ·
Struktur
kalimat sesuai dengan kaidah Tidak
berkaitan langsung dengan isi sampiran |
|
|
|
|
Hal yang dinilai
Memperbaiki pantun dari segi
struktur dan bahasa |
4 |
3 |
2 |
1 |
c.
Bagian
sampiran pantun ·
Rima
silang pada larik 1 dan 2 ·
si
kalimat dalam sampiran logis ·
Struktur
kalimat sesuai dengan kaidah ·
Tidak
berkaitan langsung dengan isi pantun Bagian
isi pantun ·
Rima
silang pada larik 3 dan 4 ·
Isi
kalimat logis ·
Struktur
kalimat sesuai dengan kaidah Tidak
berkaitan langsung dengan isi sampiran |
|
|
|
|
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
Dibagi
skor maksimal
Pertemuan ke-3
a.Instrumen jurnal
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : ...................
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
pelajaran : 201../201..
‘No |
Waktu |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Instrumen Penilaian
jurnal
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah.
Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan
jam kamu membaca secara jujur.
JURNAL MEBACA
Nama/kelas :
Judul
Buku :
Pengarang :
Terbitan :
Waktu
baca :
tanggal………………………..sampai…………………………..
Tanggal baca |
Ringkasan isi |
Komentar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Instrumen uraian
Kisi-kisi Penilaian KD 3.10
Kompetensi
Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Teknik/Bentuk |
4.10 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan
dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa |
·
Menulis pantun dengan
memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah puisi rakyat |
·
Disajikan contoh 2
bait pantun dari objek sekitar, siswa dapat menulis pantun sesuai objek alam
yang diamati |
Tertulis/ uraian |
Instrumen Penilaian
Buatlah
1 bait pantun dari pengamatan objek sekitar !
Rubrik penilaian
Hal yang dinilai |
4 |
3 |
2 |
1 |
·
Tema berkaitan dengan
hal-hal yang positif ·
Tema sesuai dengan
yang ditentukan ·
Isi sampiran pantun tidak mencontoh yang
pernah ada ·
Pola pengembangan
larik tidak mencontoh yang ada (bobot 1) |
|
|
|
|
Bagian
sampiran pantun • Rima silang pada larik 1 dan 2 • Isi kalimat dalam sampiran logis • Struktur kalimat sesuai dengan kaidah • Tidak berkaitan langsung dengan isi
pantun (bobot 2) |
|
|
|
|
Bagian
isi pantun • Rima silang pada larik 3 dan 4 • Isi kalimat logis • Struktur kalimat sesuai dengan kaidah • Tidak berkaitan langsung dengan isi
sampiran (bobot
2) |
|
|
|
|
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
Dibagi
skor maksimal
Pertemuan ke-4
a.Instrumen jurnal
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : .................................
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
pelajaran : 201../201....
‘No |
Waktu |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Instrumen Penilaian
jurnal
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah.
Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan
jam kamu membaca secara jujur.
JURNAL MEBACA
Nama/kelas :
Judul
Buku :
Pengarang :
Terbitan :
Waktu
baca :
tanggal………………………..sampai…………………………..
Tanggal baca |
Ringkasan isi |
Komentar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Instrumen uraian
Kisi-kisi
Penilaian KD 3.10
Kompetensi
Dasar |
Materi |
Indikator
Soal |
Teknik/Bentuk |
4.10 Mengungkapkan
gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa |
·
Menyajikan syair dan
gurindam dalam bentuk musikalisasi |
· Disajikan
1 contoh , syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi, siswa dapat
mempraktekkannya di depan kelas |
Unjuk kerja |
Instrumen Penilaian
Peragakanlah
musikalisasi syair, gurindam secara kelompok di depan kelas!
Rubrik penilaian
Hal yang dinilai |
4 |
3 |
2 |
1 |
·
Pilihan nda/irama
dengan isi syair/ gurindam ·
Nada diciptakan
secara orisinal/mengadaptasi ·
Penampilan tim dalam
musikalisasi ·
Volume suara memadai (bobot
1) |
|
|
|
|
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
Dibagi
skor maksimal
Pertemuan ke-5
a.Instrumen jurnal
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : ....................................
Kelas/Semester : VII/2
Tahun
pelajaran : 201../201..
‘No |
Waktu |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.Instrumen Penilaian
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah.
Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan
jam kamu membaca secara jujur.
JURNAL MEMBACA
Nama/kelas :
Judul
Buku :
Pengarang :
Terbitan :
Waktu
baca :
tanggal………………………..sampai…………………………..
Tanggal baca |
Ringkasan isi |
Komentar |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Instrumen uraian
Kisi-kisi Penilaian KD 3.10
Kompetensi
Dasa |
Materi |
Indikator
Soal |
Teknik/Bentuk |
4.10 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan
dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan
memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa |
·
Berbalas pantun |
·
Disajikan 1 contoh pantun
berbalasan, siswa dapat membuat pantun berbalasan sendiri secara kelompok dan
mempraktekkannya di depan kelas |
Unjuk kerja |
Instrumen Penilaian
Buatlah
pantun berbalasan dengan pasangan kelompok yang dipilih!
Rubrik penilaian
Hal yang dinilai |
4 |
3 |
2 |
1 |
·
Kekompakan kelompok ·
Kecepatan membalas
pantun ·
Kecepatan memilih
sampiran dan isi pantun ·
Variasi pemilihan
kata ·
Vocal (pelafalan dan
intonasi) ·
Gaya yang ditampilkan (bobot
1) |
|
|
|
|
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
Dibagi
skor maksimal
Refleksi Perasaan
•
Pengalaman apa yang kamu dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini?
•
Tulislah kesulitan yang kamu hadapi dalam membaca dan mencipta puisi
rakyat (pantun, syair dan, gurindam)
•
Sebutkan upaya apa yang bisa ditempuh untuk mengatasi kesulitanmu!
•
Nilai-nilai kehidupan apa yang bisa kamu petik dalam proses pembelajaran
hari ini!
•
Berikan tanda centang (v) pada simbol di bawah ini yang paling mewakili
perasaanmu setalah proses pembelajaran hari ini
1.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran
Remedial
Remedial
dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
·
Pembelajaran ulang
Pembelajaran
materi yang belum dikuasai peserta didik.
·
Bimbingan perorangan
b.
Pembelajaran
Pengayaan
Diberikan
kepada peserta didik yang sudah menguasai materi
|
|
......................., .... Jauari 2018 |
Mengetahui Kepala ..................................................................
NIP. ......................................... |
|
Guru Mapel Bhs Indonesia NIP. ............................................. |
1.
Pantun
NO |
PANTUN NENEK
MOYANG |
NO |
PANTUN BARU |
1 |
Air
surut memungut bayam, Sayur
diisi ke dalam kantung; Jangan
diikuti tabiat ayam, Bertelur
sebiji riuh sekampung. |
|
Pergi
melaut membawa jala, Jala
ditebar sambil mengingat; Meski
hidup banyak kendala, Haruslah
kita slalu semangat. |
2 |
Baik
bergalas baik tidak, Buli-buli
bertali benang; Baik
berbalas baik tidak, Asal
budi sama dikenang. |
|
Enak
rasanya bubur yang hangat, Enak
dimakan bersama kerupuk; Hidup
memang harus semangat, Janganlah
mudah kita terpuruk. |
3 |
Ikan
nila dimakan berang-berang, Katak
hijau melompat ke kiri; Jika
berada di rantau orang, Baik-baik
membawa diri. |
|
Kota
Sampit di Kalimantan, Kota
Makasar di Sulawesi; Teruslah
berusaha jadi teladan, Raihlah
cita raih prestasi. |
4 |
Akar
keladi melilit selasih, Selasih
tumbuh di hujung taman; kalungan
budi junjungan kasih, Mesra
kenangan sepanjang zaman. |
|
Penghasil
batik di Yogyakarta, Kalaulah
Brebes penghasil beras; Berusaha
terus mengajar cita, Sambil
berdoa dan kerja keras. |
2.
Gurindam
Jika hendak
mengenal orang mulia, Apabila dengki sudah bertanah,
lihatlah kepada
kelakuan dia datanglah
darinya beberapa anak panah.
Jika hendak
bertanya dan belajar tiadalah jemu Mengumpat
dan memuji hendaklah pikir,
mengenal orang
yang berilmu, di situlah banyak orang yang tergelincir
Jika hendak
mengenal orang yang berakal, Pekerjaan
marah jangan dibela
di
dalam dunia mengambil bekal nanti
hilang akal di kepala.
3.
Syair
Syair
perahu
Inilah
gerangan suatu madah
Mengarangkan
syair terlalu indah
Membetuli
jalan tempat berpindah
Di
sanalah iktikat diperbetuli sudah
Wahai
muda kenali dirimu
Ialah
perahu tamsil hidupmu
Tiadalah
berapa lama hidupmu
Ke
akhirat jua kekal hidupmu
Hai
muda arif budiman
Hasilkan
kemudi dengan pedoman
Alat
perahumu jua kerjakan
Itulah
jalan membetuli insan
Perteguh
jua alat perahumu
Hasilkan
bekal air dan kayu
Dayung
pengayuh taruh di situ
Supaya
laju perahumu itu
Sudahlah
hasil kayu dan ayar
Angkatlah
pula sauh dan layar
Pada
beras bekal jantanlah taksir
Niscaya
sempurna jalan yang kabir
Karya: Hamzah Fansuri
0 komentar:
Posting Komentar