BERIKUT KISI - KISI DARI CONTOH SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS X 2021
KISI-KISI
PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN ..........................
Satuan
Pendidikan : SMA Alokasi Waktu : 90 menit
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Jumlah soal : Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan : X/ Kurikulum 2013 Penulis :
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No. Soal |
Tingkat Kesukaan |
1 |
3.10 Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi berkaitan dengan
bidang pekerjaan lisan maupun tertulis |
Topik teks negosiasi |
Disajikan kutipan teks negosiasi, siswa mampu
menentukan topik dalam teks negosiasi yang disajikan |
|
PG |
1 |
|
2 |
4.10 Menyampaikan
pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan
atau tulis |
Unsur surat penawaran |
Disajikan data unsur-unsur surat penawaran, siswa mampu
menentukan urutan unsur surat penawaran dengan tepat |
|
PG |
2 |
|
3 |
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,
persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan |
Struktur penawaran teks negosiasi |
Disajikan teks negosiasi, siswa mampu menentukan
struktur teks negosiasi bagian penawaran dengan tepat |
|
PG |
3 |
|
4 |
3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,
persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang
pekerjaan |
Pasangan tuturan |
Disajikan
kutipan dialog, siswa mampu menentukan jenis pasangan tuturan berdasarkan
dialog yang disajikan |
|
PG |
4 |
|
5 |
3.12
Menganalisis permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan
simpulan dari debat berkaitan degan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi
dari debat |
Unsur debat |
Disajikan data, siswa mampu menentukan unsur tidak
terdapat dalam teks debat dengan tepat |
|
PG |
5 |
|
6 |
4.12 Mengontruksi
permasalaha/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari
debat berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan untuk menunjukkan esensi
debat |
Simpuan mosi debat |
Disajikan kutipan teks debat, siswa mampu menyimpulkan
mosi debat yang tepat dari kutipan teks yag disajikan |
|
PG |
6 |
|
7 |
3.14 Menganalisis
butir-butir penting yang dapat
diteladani dari teks biografi berkaitan dengan
bidang pekerjaan |
Analisis sikap teladan tokoh |
Disajikan kutipan teks biografi, siswa mampu
menganalisis sikap teladan tokoh dari teks biografi yag disajikan |
|
PG |
7 |
|
8 |
3.14 Menganalisis
butir-butir penting yang dapat
diteladani dari teks biografi berkaitan dengan
bidang pekerjaan |
Analisis struktur teks biografi |
Disajikan kutipan teks biografi, siswa mampu menentukan
struktur teks biografi bagian reorientasi dengan tepat |
|
PG |
8 |
|
9 |
4.14 Menyajikan hal-hal
yang dapat diteladani dari tokoh yang
terdapat dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
secara tertulis |
Kepribadian unggul tokoh |
Disajikan kutipan teks biografi, siswa mampu menentukan
kepribadian unggul tokoh dari teks yang disajikan |
|
PG |
9 |
|
10 |
3.15 Menganalisis
aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan
dengan bidang pekerjaan |
Analisis pokok informasi teks biografi |
Disajikan kutipan teks biografi, siswa mampu
menganalisis pokok informasi dari kutipan teks yang disajikan |
|
PG |
10 |
|
11 |
3.16 Menganalisis
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca |
Analisis suasana dalam puisi |
Disajikan teks puisi, siswa mampu menganalisis suasana
yang terdapat dalam teks puisi yang disajikan |
|
PG |
11 |
|
12 |
3.16 Menganalisis
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca |
Analisis tema dalam puisi |
Disajikan teks puisi, siswa mampu menganalisis tema
yang terdapat dalam teks puisi yang disajikan |
|
PG |
12 |
|
13 |
3.16 Menganalisis
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca |
Analisis makna dalam puisi |
Disajikan teks puisi, siswa mampu menganalisis makna
yang terdapat dalam teks puisi yang disajikan |
|
PG |
13 |
|
14 |
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) |
Membaca puisi |
Disajikan sebuah data, siswa mampu menentukan hal pokok
dalam membaca puisi |
|
PG |
14 |
|
15 |
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) |
Penjedaan dalam pembacaan puisi |
Disajikan kutipan teks puisi, siswa mampu memberikan
penjedaan yang tepat dari kutipan teks puisi yang disajikan |
|
PG |
15 |
|
16 |
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) |
Komentar pembacaan puisi |
Disajikan kutipan teks puisi, siswa mampu mengomentari
pembacaan puisi yang disajikan dengan tepat |
|
PG |
16 |
|
17 |
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi |
Makna lambang (simbol) |
Disajikan kutipan teks puisi, siswa mampu menentukan
makna simbol dari teks puisi yang disajikan |
|
PG |
17 |
|
18 |
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi |
Penggunaan rima mutlak |
Disajikan data teks puisi, siswa mampu menganalisis
penggunaan rima mutlak dengan tepat |
|
PG |
18 |
|
19 |
3.18 Menganalisis
isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca |
Analisis isi buku fiksi |
Disajikan data, siswa mampu menentukan jenis teks fiksi
dengan tepat |
|
PG |
19 |
|
20 |
4.18 Menyajikan
replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi |
Penyajian replikas isi buku dalam bentuk resensi |
Disajikan data, siswa mampu menentukan penyajian isi
buku dalam bentuk resensi |
|
PG |
20 |
|
0 komentar:
Posting Komentar