PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI GENERASI MILENIAL
Disusun
Untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia
PAPER
Disusun Oleh :
1.
Muhammad
Abdul Husain
2.
Agus
Dwi Rifai
3.
I.Z.S.
Aziz
Program studi keahlian : teknik informasi dan komunikasi
Kompetensi keahian :
teknik komputer dan jaringan
SMK TERPADU AL ANWAR
Tahun pelajaran 2020-2021
I.
Latar Belakang Masalah
Media
sosial saat ini telah menjadi trend dalam komunikasi pemasaran. Media sosial
adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,
wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk
media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Media
sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di
atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan
pertukaran user-generated content” (Kaplan & Haenlein, 2010). Beberapa
contoh media sosial yang sedang berkembang saat ini yaitu Instragam, Twitter,
Line, Facebook, Youtube, dan lain-lain. Seseorang pasti memiliki berbagai
motivasi dalam menggunakan media sosial. Sekedar untuk berkomunikasi dengan
orang lain, untuk mencari tahu perkembangan sesuatu, untuk berbagi informasi
maupun untuk mengikuti salah satu yang menjadi trend saat ini yaitu menggunakan
media sosial sebagai bentuk eksistensi diri.
Orang-orang yang hanya ingin menggunakan media
sosial sebagai sarana menjaga silaturahmi biasanya akan memilih media sosial
yang bersifat private saja seperti Line, Whatsapp, Path, Telegram, Blackberry
Messenger atau yang lainnya. Meskipun masuk ke media yang terbuka seperti
Facebook dan Twitter maka mereka hanya akan menjadi 2 penonton dan pembaca yang
baik dan melihat perkembangan terbaru yang ada di media sosial. Sedangkan bagi
orang-orang yang ingin diakui eksistensinya oleh masyarakat luas melalui media
sosial biasanya akan menggunakan media sosial yang bersifat terbuka seperti
Instagram, Facebook, Line, atau Twitter. Karena disinilah tempat kita bisa
secara bebas dan terbuka dalam berinteraksi. Sehingga banyaknya update status
serta posting-an yang kita miliki adalah salah satu bentuk jika kita ingin
dikenal secara luas. Kita dikenal sebagai apa dan siapa itu kita yang
memutuskan, karena apa yang kita posting melalui media sosial akan menjadi
gambaran diri kita bagaimana kita memposisikan diri dimata masyarakat luas.
Perkembangan penggunaan media sosial di Indonesia sangat berkembang pesat.
II.
Rumusan
masalah
a)
Bagaimana
Peran media sosial dalam generasi milenial?
b)
Bagaimana
dampak media sosial bagi
generasi milenial
III.
Tujuan penelitian
a)
Untuk
mengetahui peran media sosial dalam generasi milenial
b)
Untuk
mengetahui dampak media sosial bagi generasi milenial
IV.
Manfaat
penelitian
a)
Agar
pembaca dapat mengetahui bagai mana peran media sosial dalam generasi milenial
b)
Agar
mengetahui dampak media sosial bagi generasi milenial
V.
Kajian
pustaka
A.
Definisi
genersi milenial
0 komentar:
Posting Komentar