l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l

Kamis, 15 April 2021

KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA SEMESTER 2 KELAS 11 SMA

 

KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 2

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

Satuan Pendidikan      : SMA                                                                                                

Alokasi Waktu            : 90 menit

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia                                                                             

Jumlah soal                  : 20 Pilgan 10 Essay

Kurikulum Acuan       : XI/ Kurikulum 2013                                                                                    

Penulis                         : DWI SEPTIANI

 

No

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal

1

3.12Mengidentifikasi informasi penting dalam proposal kegiatan dan penelitian

Informasi tersurat

Disajikan sebuah teks proposal, siswa mampu menemukan informasi penting dalam proposal kegiatan

PG

1

2

3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal

Kalimat persuasif

Disajikan sebuah teks, siswa mampu menentukan kalimat persuasif dengan tepat

PG

2

3

3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal

Bagian proposal (tujuan proposal)

Disajikan kutipan teks proposal, siswa mampu menentukan bagian tujuan proposal

PG

3

4

3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal

Kata perincian

Disajikan beberapa kalimat, siswa mampu menentukan penggunaan kata perincian dengan tepat

PG

4

5

3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal

Sistematika teks proposal

Disajikan data sistematika teks proposal, siswa mampu menentukan sistematika penulisan teks proposal yang tepat

PG

5

6

4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif

Melengkapi paragraf teks proposal bagian penutup

Disajikan beberapa paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi paragraf rumpang tersebut

PG

6

7

3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca

Identifikasi informasi tersirat

Disajikan kutipan teks karya ilmiah, siswa mampu mengidentifikasi informasi tersirat

PG

7

8

3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah

Bagian karya ilmiah

Disajikan data sistematika karya ilmiah, siswa mampu menentukan urutan sistematika yang tepat

PG

8

9

3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah

Perbaikan penggunaan huruf kapital

Disajikan data judul karya ilmiah, siswa mampu memperbaiki penggunaak huruf kapital dengan tepat

PG

9

10

3.16 Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi

Perbadingan penggunaan bahasa

Disajikan dua kutipan teks yang berbeda, siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa dengan tepat

PG

10

11

3.16 Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi

Struktur teks resensi bagian identitas

Disajikan data, siswa mampu menentukan struktur teks resensi bagian identitas buku

PG

11

12

3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda

Penilaian keunggulan buku dalam teks resensi

Disajikan kutipan teks resensi, siswa mampu menentukan keunggulan yang terdapat pada teks resensi

PG

12

13

3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda

Penilaian kekurangan buku dalam teks resensi

Disajikan kutipan teks resensi, siswa mampu menentukan kekurangan yang terdapat pada teks resensi

PG

13

14

3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda

Penggunaan kata serapan

Disajikan kutipan teks resensi, siswa mampu menentukan penggunaan kata serapan dan perbaikannya

PG

14

15

3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton

Identifikasi alur

Disajikan kutipan teks drama, siswa mampu menentukan alur bagian komplikasi pada teks yang disajikan

PG

15

16

3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton

Penyebab konflik

Disajikan kutipan teks drama, siswa mampu menentukan penyebab konflik dalam teks drama

PG

16

17

3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton

Watak tokoh

Disajikan kutipan drama, siswa mampu menentukan watak tokoh dari teks yang disajikan

PG

17

18

3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton

Penggunaan kalimat langsung

Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menentukan penggunaan kalimat langsung dengan tepat

PG

18

19

3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton

Melengkapi dialog teks drama

Disajikan kutipan teks drama yang salah satu kalimatnya dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kalimat yang tepat

PG

19

20

3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton

Amanat teks drama

Disajikan kutipan teks drama, siswa mampu menentukan amanat yang terdapat pada teks

PG

20

21

3.12Mengidentifikasi informasi penting dalam proposal kegiatan dan penelitian

Informasi tersurat

Disajikan kutipan teks, siwa mampu menentukan informai penting teks tersebut

Uraian

21

22

3.13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal

Jenis teks proposal

Disajikan kutipan teks, siwa mampu menentukan jenis teks proposal

Uraian

22

23

4.14 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah

Menyusun tujuan karya ilmiah

Disajikan sebuah judul karya tulis, siswa mampu menuliskan 2 tujuan penulisan karya ilmiah

Uraian

23

24

4.14 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah

Paragraf saran

Disajikan sebuah judul karya tulis, siswa mampu menuliskan paragraf saran karya ilmiah

Uraian

24

25

3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda

Keunggulan dan kekurangan buku teks resensi

Disajikan kutipan teks, siswa mampu menentukan keunggulan dan kekurangan buku pada teks yang disajikan

Uraian

25

26

4.17 Mengontruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang udah dibaca

Menyusun teks resensi bagian identitas buku

Disajikan sebuah gambar, siswa mampu menyusun teks resensi bagian identitas buku

Uraian

26

27

3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda

Penggunaan konjungsi

Disajikan beberapa konjungsi, siswa mampu menyusun kalimat berdasarkan konjungsi yang disajikan

Uraian

27

28

3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton

Unsur intrinsik drama

Disajikan sebuah teks, siswa mampu menentukan unsur intrinsik berupa watak tokoh, penyebab konflik, dan akibat konflik pada teks yang yang disajikan

Uraian

28

29

3.20 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) dibaca

Amanat/pesan

Disajikan sebuah teks, siswa mampu menentukan amanat/pesan pada teks yang yang disajikan

Uraian

29

30

3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton

Perbaikan kalimat langsung

Disajikan penulisan kalimat langsung yang salah, siswa mampu memperbaiki penulisan kalimat langsung dengan benar

Uraian

30

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

trenggalek

Definition List


Selamat datang di Blog kecil kami. sebuah catatan perjalanan yang tak pernah usai.

Unordered List

Support