KISI-KISI
PENYUSUNAN SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 2
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Satuan
Pendidikan : SMA
Alokasi
Waktu : 90
menit
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jumlah
soal : 20 Pilgan 10 Essay
Kurikulum
Acuan : XI/ Kurikulum
2013
Penulis : DWI SEPTIANI
No |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No. Soal |
1 |
3.12Mengidentifikasi
informasi penting dalam proposal kegiatan dan penelitian |
Informasi tersurat |
Disajikan sebuah teks proposal, siswa mampu menemukan
informasi penting dalam proposal kegiatan |
PG |
1 |
2 |
3.13
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal |
Kalimat persuasif |
Disajikan sebuah teks, siswa mampu menentukan kalimat
persuasif dengan tepat |
PG |
2 |
3 |
3.13
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal |
Bagian proposal (tujuan proposal) |
Disajikan kutipan teks proposal, siswa mampu menentukan
bagian tujuan proposal |
PG |
3 |
4 |
3.13
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal |
Kata perincian |
Disajikan
beberapa kalimat, siswa mampu menentukan penggunaan kata perincian dengan
tepat |
PG |
4 |
5 |
3.13
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal |
Sistematika teks proposal |
Disajikan data sistematika teks proposal, siswa mampu
menentukan sistematika penulisan teks proposal yang tepat |
PG |
5 |
6 |
4.12 Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih
efektif |
Melengkapi paragraf teks proposal bagian penutup |
Disajikan beberapa paragraf yang dirumpangkan, siswa
mampu melengkapi paragraf rumpang tersebut |
PG |
6 |
7 |
3.14
Mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi sebuah karya ilmiah yang
dibaca |
Identifikasi informasi tersirat |
Disajikan kutipan teks karya ilmiah, siswa mampu
mengidentifikasi informasi tersirat |
PG |
7 |
8 |
3.15
Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah |
Bagian karya ilmiah |
Disajikan data sistematika karya ilmiah, siswa mampu
menentukan urutan sistematika yang tepat |
PG |
8 |
9 |
3.15
Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah |
Perbaikan penggunaan huruf kapital |
Disajikan data judul karya ilmiah, siswa mampu
memperbaiki penggunaak huruf kapital dengan tepat |
PG |
9 |
10 |
3.16
Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi |
Perbadingan penggunaan bahasa |
Disajikan dua kutipan teks yang berbeda, siswa mampu
membandingkan penggunaan bahasa dengan tepat |
PG |
10 |
11 |
3.16
Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi |
Struktur teks resensi bagian identitas |
Disajikan data, siswa mampu menentukan struktur teks
resensi bagian identitas buku |
PG |
11 |
12 |
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda |
Penilaian keunggulan buku dalam teks resensi |
Disajikan kutipan teks resensi, siswa mampu menentukan
keunggulan yang terdapat pada teks resensi |
PG |
12 |
13 |
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda |
Penilaian kekurangan buku dalam teks resensi |
Disajikan kutipan teks resensi, siswa mampu menentukan
kekurangan yang terdapat pada teks resensi |
PG |
13 |
14 |
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda |
Penggunaan kata serapan |
Disajikan kutipan teks resensi, siswa mampu menentukan
penggunaan kata serapan dan perbaikannya |
PG |
14 |
15 |
3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak, dan konflik dalam drama yang
dibaca atau ditonton |
Identifikasi alur |
Disajikan kutipan teks drama, siswa mampu menentukan
alur bagian komplikasi pada teks yang disajikan |
PG |
15 |
16 |
3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak, dan konflik dalam drama yang
dibaca atau ditonton |
Penyebab konflik |
Disajikan kutipan teks drama, siswa mampu menentukan penyebab
konflik dalam teks drama |
PG |
16 |
17 |
3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca
atau ditonton |
Watak tokoh |
Disajikan kutipan drama, siswa mampu menentukan watak
tokoh dari teks yang disajikan |
PG |
17 |
18 |
3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca
atau ditonton |
Penggunaan kalimat langsung |
Disajikan sebuah kalimat, siswa mampu menentukan
penggunaan kalimat langsung dengan tepat |
PG |
18 |
19 |
3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca
atau ditonton |
Melengkapi dialog teks drama |
Disajikan kutipan teks drama yang salah satu kalimatnya
dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kalimat yang tepat |
PG |
19 |
20 |
3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca
atau ditonton |
Amanat teks drama |
Disajikan kutipan teks drama, siswa mampu menentukan
amanat yang terdapat pada teks |
PG |
20 |
21 |
3.12Mengidentifikasi
informasi penting dalam proposal kegiatan dan penelitian |
Informasi tersurat |
Disajikan kutipan teks, siwa mampu menentukan informai
penting teks tersebut |
Uraian |
21 |
22 |
3.13
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal |
Jenis teks proposal |
Disajikan kutipan teks, siwa mampu menentukan jenis
teks proposal |
Uraian |
22 |
23 |
4.14
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya
ilmiah |
Menyusun tujuan karya ilmiah |
Disajikan sebuah judul karya tulis, siswa mampu
menuliskan 2 tujuan penulisan karya ilmiah |
Uraian |
23 |
24 |
4.14
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya
ilmiah |
Paragraf saran |
Disajikan sebuah judul karya tulis, siswa mampu
menuliskan paragraf saran karya ilmiah |
Uraian |
24 |
25 |
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda |
Keunggulan dan kekurangan buku teks resensi |
Disajikan kutipan teks, siswa mampu menentukan
keunggulan dan kekurangan buku pada teks yang disajikan |
Uraian |
25 |
26 |
4.17 Mengontruksi sebuah resensi dari buku kumpulan
cerita pendek atau novel yang udah dibaca |
Menyusun teks resensi bagian identitas buku |
Disajikan sebuah gambar, siswa mampu menyusun teks
resensi bagian identitas buku |
Uraian |
26 |
27 |
3.17 Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda |
Penggunaan konjungsi |
Disajikan beberapa konjungsi, siswa mampu menyusun
kalimat berdasarkan konjungsi yang disajikan |
Uraian |
27 |
28 |
3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak, dan konflik dalam drama yang
dibaca atau ditonton |
Unsur intrinsik drama |
Disajikan sebuah teks, siswa mampu menentukan unsur
intrinsik berupa watak tokoh, penyebab konflik, dan akibat konflik pada teks
yang yang disajikan |
Uraian |
28 |
29 |
3.20 Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan
buku kumpulan puisi) dibaca |
Amanat/pesan |
Disajikan sebuah teks, siswa mampu menentukan
amanat/pesan pada teks yang yang disajikan |
Uraian |
29 |
30 |
3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca
atau ditonton |
Perbaikan kalimat langsung |
Disajikan penulisan kalimat langsung yang salah, siswa
mampu memperbaiki penulisan kalimat langsung dengan benar |
Uraian |
30 |
0 komentar:
Posting Komentar