KOP
SEKOLAH
Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas :
X (Sepuluh)
Waktu :
70 menit
Hari,
Tanggal :
1.
Bacalah teks berikut!
Bumi Menak Sopal
sepertinya masih memiliki banyak sekali cagar budaya yang terpendam. Ini
dibuktikan dengan penemuan sebuah arca
Brahma di
Desa Gondang, Kecamatan Tugu, Trenggalek oleh Saifudin, warga setempat. Tak pelak, temuan
tersebut sempat menghebohkan warga sekitar. Sebab, diprediksi masih ada benda
cagar budaya lainnya. Sabtu, 2 Juni 2018
lalu menjadi hari yang cukup berkesan bagi Saifudin, warga Desa Gondang,
Kecamatan Tugu. Itu tak lain karena sekitar pukul 11.00 WIB, dengan niatan
ingin meratakan jalan di depan rumah, di luar dugaan dia menemukan
sebuah arca
Brahma yang
diduga sebagai benda peninggalan bersejarah. |
Peristiwa apa yang terjadi dari teks di atas....
A.
Banyaknya penemuan cagar yang ditemukan oleh warga
trenggalek
B.
Keramaian yang tejadi di Desa Gondang, Tugu karena
terjadi bencana
C.
Kunjungan Jawa Pos saat menyambangi daerah wisata di
Trenggalek
D.
Penemuan patung Brahma oleh seorang pedagang di daerah
Trenggalek
E.
Penemuan sebuah patung yang menghebohkan warga Trenggalek
2.
Bacalah teks berikut untuk soal nomor 3
dan 4!
(1) Semua
jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan, yang dapat
dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan karena dapat dijadikan sarana untuk
menyampaikan ajaran-ajaran yang baik dengan cara yang menarik. Pemerintah
juga sering menggunakan wayang sebagai media informasi misalnya dengan menggelar
wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga
berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya. Terakhir, meski semakin
jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan. Dengan kata lain,
wayang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan antara lain sebagai media
pendidikan, media informasi, dan media hiburan. |
Gagasan utama dari kutipan ditunjukkan
pada kalimat bernomor ….
A.
(1) B.
(2) C. (3) D. (4) E. (5)
3.
Berikut yang merupakan kalimat dengan
frasa verba adalah....
A.
Setelah lulus sekolah akan merasakan tanggung jawab yang besar
B.
Amir bekerja keras demi menghidupi anak
dan keluarganya
C.
Indonesia mendukung para atlet yang
berlaga di kejuaraan dunia
D.
Wanita yang memakai baju merah itu
sangat cantik sekali
E.
Dalam berbisnis harus bersabar meski
orderan sunyi sepi
4.
Bacalah teks berikut!
Sabtu.
20 November 2017, pecinta bola
Indonesia tengah berkumpul didekat Gedung Olahraga Internasional, Inggris.
Walaupun tidak mengenal satu sama
lain, mereka tetap bebaur dengan rasa peduli sesama supporter. Aksi
ini mereka lakukan karena tim jagoannya di
diskualifikasi pada putaran ke tiga musim ini. Menanggapi
aksi tersebut, Divisi perwakilan Sepakbola Internasional
segera menerjemahkan hal tersebut. Namun,
tanggapan ini tidak diindahkan para supoorter hingga menimbulkan kericuhan
tawuran antara pihak kepolisian dan supporter. |
Dari teks di atas, penggunaan imbuhan yang tepat
adalah....
A.
pecinta D. ke tiga
B.
bebaur E. menerjemahkan
C.
di
diskualifikasi
5.
Bacalah teks berikut!
(1) Paus adalah sati dari sekian banyak mamalia air yang istimewa. (2)
Mamalia laut, bertubuh besar, cerdas, dan hidup bebas di samudera. (3) Cara
bernapasnya juga istimewa. (4) Kalau makhluk laut lain bernapas dengan
insang, maka paus menggunakan paru-parunya. (5) Berdasarkan ada atau tidaknya
gigi, paus menjadi dua kategori, yaitu paus bergigi dan baleen atau balin
atau paus yang tidak bergigi. |
Kalimat definisi ditunjukkan pada
kalimat bernomor....
A.
(1) B.
(2) C. (3) D. (4) E. (5)
6.
Berikut yang bukan kalimat
definisi adalah....
A.
Sungai adalah aliran air yang besar dan
memanjang yang mengalir secara terus menerus dari hulu (sumber) menuju hili
(muara)
B.
Orang Kanekes atau orang Badui adalah
suatu kelompok masyarakat adat subetnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak,
Banten
C.
Wayang purwa terdiri atas beberapa gaya
atau gagrak, seperti gagrak Kasunanan, Mangkunegaran dal lainnya
D.
Bencana yang terjadi di Indonesia
akhir-akhir ini merupakan bencana memilukan yang tengah dirasakan seluruh
rakyat Indonesia
E.
Globalisasi yaitu suatu kondisi dimana
tidak ada jarak lagi antara satu negara dengan negara yang lainnya dibelahan
bumi ini
7.
Bacalah teks berikut!
(1)
Gempa
bumi berkekuatan 7 skala richter
kembali mengguncang Lombok. (2) Warga
panik dan menyelamatkan diri ke dataran tinggi karena ada informasi peringatan dini tsunami. (3) Kepanikan
melanda warga setelah gempa kembali mengguncang Lombok utara, Nusa Tenggara
Barat. (4) Jalanan
dipenuhi kendaraan yang hendak menuju ke arah dataran yang lebih tinggi,
karena gempa dikabarkan berpotensi tsunami. (5) Gempa bumi
berkekuatan 7,0 skala richter mengguncang lombok utara pada pukul delapan
belas lewat empat puluh enam (18.46) waktu
Indonesia tengah.
(6) Gempa
terjadi 18 km barat laut lombok timur dengan kedalaman 15 kilometer. |
Kalimat kompleks/majemuk ditunjukkan
pada kalimat berangka....
A.
(1) dan (2) D. (2) dan (3)
B.
(1) dan (4) E. (2) dan (5)
C.
(1) dan (5)
8.
Bacalah teks berikut!
Dewasa ini, anak-anak remaja
di Indonesia kegandrungan musik K-pop, bahkan hal ini sudah menjadi hal yang
biasa. Biasanya musik Korea atau music K-Pop mengusung musik dance, yang
beraliran hip-hop, serta koreografi dan kostum yang menarik. Sehingga adanya
K-Pop ini membawa dampak yang cukup besar bagi para remaja khususnya di
Indonesia. Fenomena K-pop yang masuk ke
Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama bagi kalangan remaja.
Terlihat antusias remaja yang begitu membara terhadap budaya K-Pop, media
tidak mau melewatkan kesempatan emas itu, sehingga media memanfaatkannya
dengan cara menayangkan hal yang berhubungan dengan Korea film |
Fakta yang terdapat dalam teks tersebut
adalah....
A. Biasanya musik K-pop mengusung musik dance, yang beraliran hip-hop, serta
koreagrafi menarik
B. Fenomena yang terjadi mungkin menyebabkan para remaja lebih menyukai
tradisi luar negeri
C. Media Indonesia juga tidak luput menanyangkan hal tersebut, agar lebih
disukai oleh penonton
D. Dampak yang ditimbulkan cukup besar sehingga akan menggusur budaya
Indonesia sendiri
E. Dewasa ini, anak-anak remaja Indonesia kegandrungan musik K-pop dan menjadi
hal yang biasa
9.
Kalimat berikut yang merupakan
opini/pendapat adalah....
A. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan dalam kehidupan
B. Dalam satu tahun kalender Masehi terdiri dari 12 bulan lamanya
C. Seharusnya pemerintah lebih tegas lagi dalam memberantas kasus korupsi
D. Makanan ini terbuat dari ketela pohon yang diolah sedemikian rupa
E. Kota Jakarta merupakan ibukota negara Republik Indonesia
10.
Bacalah teks berikut untuk soal nomor 10
dan 11!
Tercemarnya
air sungai dan penebangan liar di hutan
menyebabkan matinya tumbuhan dan hewan-hewan yang hidup didalamnya. Selain
itu juga dapat merusak habitat dan
struktur tanah serta perubahan suhu yang disebabkan berkurangnya tumbuhan
hijau. Banyaknya kasus tersebut membuat pemerintah
bertindak menangkap para penebang liar. Karena akibat yang ditimbulkan jauh
lebih besar daripada hasil yang diperoleh dari penebangan liar tersebut.
Imbasnya, seluruh lapisan masyarakat
mengalami bencananya, salah satunya adalah tanah longsor. |
.Gagasan utama teks eksposisi tersebut
adalah....
A.
Habitat
tumbuhan dan hewa yang rusak akibat perusabahan suhu karena kurangnya tumbuhan
B.
Para
penebang liar yang mengakibatkan kerugian bagi seluruh lapisan masyarakat
C.
Tercemarnya
air sungai dan penebangan liar menyebabkan matinya tumbuhan dan hewan
D.
Bencana
tanah longsor yang melandan akibat penebangan hutan secara liar
E.
Tercemarnya
air sunga karena masyarakat tidak peduli dengan ekosistem lingkungan
11.
Makna
kata habitat pada teks di atas adalah....
A.
sekelompok makhluk hidup D. tempat hidup organisme
B.
tempat tinggal manusia E.
keadaan lingkungan masyarakat
C.
hubungan timbal balik
12.
Berikut yang merupakan aktif transitif adalah....
A.
Saat itu Umar dan Maru bertengkar hebat D. Gina bernyanyi
dengan lantang
B.
Matahari bersinar terik E. Shidiq berjalan menuju kelasnya
C.
Indra memakai peci warna hitam
13.
Bacalah teks anekdot berikut untuk soal
nomor 13 dan 14!
Alkisah disebuah keluarga
yang bahagia ada sepasang kaka beradik yang pergi untuk berkebun, namun
tiba-tiba mereka pulang dengan tergesa-gesa. Kakak
: Mah, tolong ini gawat, adik menelan kecoa mahh !! Mamah : Astaga kok bisa sih kak !! Bagaimana ceritanya ? Cepet
kamu panggil ayah supaya ayah bawa dokter kesini. Kakak : Oh kalau gitu tambah menjadi masalah buuu, tunggu bentar
aja kecoanya mati, soalnya kakak udah kasih adik racun serangga tadi Yang
ada si adik malah mati keles wkwk … |
Masalah yang dibahas dalam teks anekdot
di atas adalah....
A.
Seorang anak yang menelan kecoa dan di
obati racun serangga oleh sang kakak
B.
Anak kecil yang sedang berkebun dan
menelan seekor kecoa ke dalam perutnya
C.
Seorang anak yang meminum racun serangga
karena menelan kecoa saat berkebun
D.
Seorang anak kecil yang berlibur
dengan keluarganya disebuah kebun
keluarga
E.
Anak kecil yang sedang kesakitan karena
menelan kecoa dan menelan racun serangga
14.
Penyebab kelucuan dari teks anekdot
tersebut adalah....
A.
Kakak yang mengalami kejadian yang tidak
menyenangkan saat berlibur
B.
Kakak yang membantu adiknya yang menelan
kecoa dan membawa ke dokter
C.
Kakak yang memberi obat serangga kepada
adiknya yang menelan kecoa
D.
Kakak yang baik hati membantu adiknya
dengan mengeluarkan kecoa
E.
Kakak yang tidak peduli terhadap
penderitaan adiknya yang menelan kecoa
15.
Perhatikan data berikut!
1)
Orientasi 2)
Koda 3)
Abstraksi 4)
Krisis 5)
Reaksi |
Urutan struktur teks anekdot yang tepat
adalah....
A.
1), 3), 4), 5), 2) D.
3), 1), 2), 4), 5)
B.
1), 3), 5), 4), 2) E.
3), 1), 4), 5), 2)
C.
3), 1), 5), 4), 2)
16.
Bacalah teks anekdot berikut!
Dalam suatu percakapan antara
kakak beradik yang sedang menonton tv berita di chanel tertentu. Sambil
menonton mereka saling bertukar pendapat tentang tontonan yaitu para
organisasi istri-istri pejabat yang sedang berwisata di suatu tempat di luar
negri. ‘’ Lihat Dek, ibu-ibu itu dari atas sampai bawah semuanya mewah,
memakai barang merk import semua, dan semuanya kompak,’’. ‘’Memang kenapa, Kak ? Itu hak
mereka memakai merk kualitas internasional sesuai dengan kelas mereka. ‘’Iya
berkelas tapi lihat deh pakaian rambut mereka yang disemir coklat muda
seperti bule, pakaian mereka semua kompak berwarna baby pink dan sepatu high
heels mereka yang keterlaluan tingginya padahal berapa usia mereka dan orang
sekelas pejabat mana pantas berpakaian seperti itu,’’ jelas si Kakak’’. ‘’Kakak
tak tau ya mereka ke luar negeri kan mau konser!” sambung adiknya dengan tertawa
geli. |
Makna kata kelas dari teks anekdot
tersebut adalah....
A.
status sosial D. gelar masyarkat
B.
dejarat manusia E. bangsawan
C.
pangkat
17.
Kalimat berikut yang bukan kalimat
perintah adalah....
A.
Jangan buang sampah sembarangan! D. Jangan makan makanan yang
kadaluwarsa!
B.
Ayo kita kerjakan tugas ini
bersama-sama! E. Apakah ini hasil dari
belajarmu selama ini?
C.
Tolong ambilkan kursi yang ada di depan
pintu!
18.
Bacalah teks anekdot berikut dengan cermat!
Alkisah, ada seorang
pengemis tua yang sedang meminta-minta pada satu orang anak muda. “Nak,
sedekahnya, Nak,” kata pengemis tersebut. Anak muda itu lalu
mengambil uang sepuluh ribuan dari sakunya. “Kembalikan lima ribu ya, Pak,”
harapnya. Bapak pengemis kemudian
menjulurkan mangkuk yang berisi uang kembalian, “Ini, Nak, kembaliannya.” “Lho,
Pak, kembaliannya kok tujuh ribu, banyak amat?” tanya si pemuda, heran. “Oh, nggak apa-apa, Nak. Anggap
saja saya sedekah.” |
Tema yang tepat untuk teks anekdot di
atas adalah....
A.
saling membantu D. kepedulian
B.
toleransi E.
bersedekah
C.
gotong-royong
19.
Bacalah teks hikayat berikut untuk soal
nomor 19 dan 20!
Dengan wajah berseri-seri, Abu Nawas berangkat menuju istana. Setiba
disana, ia memberi salam hormat dan mengucapkan salam. Kemudian Ia berkata,
“Maaf Raja, aku menemuimu untuk mengadukan perlakuan tamu yang tak diundang.
Mereka memasuki rumahku tanpa izin dan berani memakan makananku yang telah
disediakan oleh istriku. “Siapakah tamu-tamu yang tak diundang itu, wahai Abu Nawas?” tanya sang
Raja “Lalat-lalat ini Raja,” kata Abu Nawas sambil membuka penutup piringnya.
“Kalau bukan kepadamu, kepada siapa lagi aku harus mengadukan ketidakadilan
ini?” lanjut Abu Nawas. |
Nilai yang terkandung dalam teks di atas
adalah....
A.
nilai sosial D. nilai moral
B.
nilai budaya E. nilai edukasi
C.
nilai agama
20.
Alur yang digunakan dalam teks hikayat
di atas adalah....
A.
alur maju D. alur
berbingkai
B.
alur mundur E. alur sorot
balik
C.
alur campuran
SOAL URAIAN
21.
Isilah kolom berikut dengan tepat!
|
Kata Berimbuhan |
Imbuhan |
Kata Dasar |
1 |
Kuasai |
|
|
2 |
Penelitian |
|
|
3 |
Terjadi |
|
|
4 |
Kebutuhan |
|
|
5 |
Terkontaminasi |
|
|
Bacalah teks eksposisi berikut untuk
soal nomor 22 dan 23!
Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia
remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa
itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Dan pada usia tersebut,
kebanyakan remaja rentan dengan pengaruh negatif dari lingkungan. Remaja mengalami gejolak emosi karena perubahan berat dan tinggi badan
yang berpengaruh juga pada perkembangan psikisnya. Pada masa gejolak itu
merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yang kuat
ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Dalam
keadaan seperti ini, remaja membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan
dirinya. Sebaiknya orang dewasa lebih peka terhadap perubahan tersebut untuk
membantu dan mendampingi dalam proses itu. Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat
mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yang
diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri,
santun, dan peduli akan membantu remaja melewati masa remaja dengan baik. |
22.
Tuliskan kembali 2 kalimat fakta dari
teks tersebut!
23.
Tuliskan kembali 2 kalimat
opini/pendapat dari teks tersebut!
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal
nomor 24 dan 25!
Di
suatu malam yang hening ada percakapan antara ibu dan anak laki-lakinya yang
sudah beranjak dewasa. Mereka
mebicarakan tentang jodoh si anak yang tak kunjung dating. Mereka
berbicara panjang lebar mengenai jodoh yang diinginkan anaknya. Si ibu
bertanya ‘’ Nak, kenapa di usiamu yang sudah berumur tak juga mencari jodoh?
Jujur ibu sudah tua sudah ingin menimang cucu’’. ‘’Apakan sudah ada calon apa
belum? Jika belum apa kriteria calon yang kau inginkan ?’’. Si
anak laki-laki menjawab, ‘’ Saya trauma
dengan yang namanya wanita Bu, dari dulu
dekat dengan beberapa wanita cantik tapi mereka hanya mengincar harta dan
fisik saya. Saya tidak tahan dengan para wanita seperti itu Bu, Mohon maaf Bu, karena belum bisa membahagiakan Ibu untuk saat ini. Kalau boleh
berikan waktu untuk saya selama sebulan dalam mencari jodoh’’. ‘’Tapi Ibu juga harus menerima jodoh saya nanti dengan suka cita
dan tidak memandang fisik, materi dan lainnya,” pinta
si anak dengan nada memohon kepada ibunya. ‘’Baiklah! Ibu menerima segala persyaratanmu. Ibu senang sekali kamu cepet tanggap dengan keinginan Ibu. Ibu sudah
tidak sabar ingin menimang cucu yang banyak biar rumah ini jadi rame,’’ jawab
si Ibu dengan nada menggebu-gebu. Setelah
sebulan dalam masa pencarian, akhirnya si anak laki-laki mendapatkan jodoh
pilihannya juga. “Ibu ini jodoh saya sambil mengenalkan jodohnya kepada
ibunya.’’ Si ibu terkaget-kaget dengan jodoh yang dibawa anaknya, lalu siapa
tiga anak tersebut keponakan atau siapa ?’’ tanya si Ibu. Sambil terheran – heran melihat jodoh anaknya yang
seumuran dengan ibunya. “Iya Bu, jodoh saya
namanya Safitri, dia janda 3 anak, bukannya Ibu ingin cepat-cepat
menimang cucu?’’ Ini Ibu sudah bisa menimang cucu malah 3 cucu sekaligus dengan
begitu rumah kita bisa menjadi rame seperti harapan Ibu bukan ?” Si ibu
mendadak pingsan. |
24.
Apa masalah yang dibahas pada teks
cerita tersebut?
25.
Struktur teks abstraksi terdapat pada
paragraf ke berapa?
26.
Susunlah sebuah kalimat dengan
menggunaan verba (kata kerja) berikut!
a.
Menghentikan
b.
Membawa
c.
Diisolasi
Bacalah kutipan teks hikayat berikut
untuk menjawab soal nomor !
Zaman
dahulu kala, ada seorang kaya hartawan bernama Syekh Hasan, banyak harta dan
uang, terkenal disetiap negeri, merupakan orang terkaya, bertempat tinggal di
negeri Baghdad, yang tersohor kemana-mana sebagai kota paling ramai saat itu. Syekh
Hasan sangat bijaksana, mengasihi fakir miskin, menyayangi yang kekurangan,
menasehati yang berpikiran sempit, mengingatkan orang yang bodoh, diajari
ilmu ,yang baik, walaupun harus mengeluarkan biaya, berupa pakaian atau uang,
karena itu banyak pengikutnya. Syekh
Hasan saudagar yang kaya raya, memiliki seorang anak laki-laki yang tampan,
pendiam dan baik budinya, berusia sekitar tujuh tahun, Ibnu Hasan namanya.
Ibnu Hasan sedang lucu-lucunya, semua orang senang melihatnya, apalagi orang
tuanya. Namun demikian, anak itu tidak sombong, kalem, walaupun hidupnya
dimanjakan, tidak kekurangan sandang, namun Ibnu Hasan tidak suka bersolek,
karena itu kedua orang tuanya sangat menyayanginya. Ayahnya
berpikir,”Alangkah salahnya aku, menyayangi diluar batas, tanpa pertimbangan,
bagaimana kalau akhirnya dimurkai Allah Yang Agung, aku pasti durhaka, tak
dapat mendidik anak, mengkaji ilmu yang bermanfaat.” |
27.
Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat pada
teks tersebut, disertai dengan wataknya!
28.
Apa penyebab terjadinya permasalahan
pada teks tersebut?
29.
Apa pesan/amanat yang dapat kita petik
hikmahnya dari teks tersebut?
30.
Cermati kerangka karangan berikut!
Ø Tema : Kesetiaan dalam persahabatan Ø Tokoh dan penokohan 1)
Masdullah : setia kawan dan peduli kepada sesama 2)
Si Bungkuk : suka mengalah,
mudah percaya 3)
Si Panjang/Bedawi: licik egois Ø Konflik : pengkhiatan istri si Bungkuk oleh si Panjang/Bedawi dan di
lerai Masdullah |
Dari kerangka di atas, kembangkan
menjadi cerita hikayat yang runtut (minimal 5 baris)!
---------------------------------------------------- Selamat Mengerjakan
----------------------------------------------------------------
0 komentar:
Posting Komentar