l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l

Kamis, 15 April 2021

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA SEMESTER 1 KELAS 10 SMA

 

 

KOP SEKOLAH

Mata Pelajaran                        : BAHASA INDONESIA

Kelas                                                   : X (Sepuluh)

Waktu                                                 : 70 menit

Hari, Tanggal                                      :

 


1.        Bacalah teks berikut!

Bumi Menak Sopal sepertinya masih memiliki banyak sekali cagar budaya yang terpendam. Ini dibuktikan dengan penemuan sebuah arca Brahma di Desa Gondang, Kecamatan Tugu, Trenggalek oleh Saifudin, warga setempat. Tak pelak, temuan tersebut sempat menghebohkan warga sekitar. Sebab, diprediksi masih ada benda cagar budaya lainnya.

Sabtu, 2 Juni 2018 lalu menjadi hari yang cukup berkesan bagi Saifudin, warga Desa Gondang, Kecamatan Tugu. Itu tak lain karena sekitar pukul 11.00 WIB, dengan niatan ingin meratakan jalan di depan rumah, di luar dugaan dia menemukan sebuah arca Brahma yang diduga sebagai benda peninggalan bersejarah.

Peristiwa apa yang terjadi dari teks di atas....

A.     Banyaknya penemuan cagar yang ditemukan oleh warga trenggalek

B.     Keramaian yang tejadi di Desa Gondang, Tugu karena terjadi bencana

C.     Kunjungan Jawa Pos saat menyambangi daerah wisata di Trenggalek

D.     Penemuan patung Brahma oleh seorang pedagang di daerah Trenggalek

E.      Penemuan sebuah patung yang menghebohkan warga Trenggalek

 

2.        Bacalah teks berikut untuk soal nomor 3 dan 4!

(1) Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan, yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan karena dapat dijadikan sarana untuk menyampaikan ajaran-ajaran yang baik dengan cara yang menarik. Pemerintah juga sering menggunakan wayang sebagai media informasi misalnya dengan menggelar wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya. Terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan. Dengan kata lain, wayang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.

Gagasan utama dari kutipan ditunjukkan pada  kalimat bernomor ….

A.     (1)                       B. (2)                        C. (3)                      D. (4)                        E. (5)

 

3.        Berikut yang merupakan kalimat dengan frasa verba adalah....

A.     Setelah lulus sekolah  akan merasakan tanggung jawab yang besar

B.     Amir bekerja keras demi menghidupi anak dan keluarganya

C.     Indonesia mendukung para atlet yang berlaga di kejuaraan dunia

D.     Wanita yang memakai baju merah itu sangat cantik sekali

E.      Dalam berbisnis harus bersabar meski orderan sunyi sepi

4.         Bacalah teks berikut!

Sabtu. 20 November 2017, pecinta bola Indonesia tengah berkumpul didekat Gedung Olahraga Internasional, Inggris. Walaupun  tidak mengenal satu sama lain, mereka tetap bebaur  dengan rasa peduli sesama supporter. Aksi ini mereka lakukan karena tim jagoannya di diskualifikasi pada  putaran ke tiga musim ini. Menanggapi aksi tersebut, Divisi perwakilan Sepakbola  Internasional segera  menerjemahkan hal tersebut. Namun, tanggapan ini tidak diindahkan para supoorter hingga menimbulkan kericuhan tawuran antara pihak kepolisian dan supporter.

Dari teks di atas, penggunaan imbuhan yang tepat adalah....

A.     pecinta                                                                        D. ke tiga

B.     bebaur                                                            E. menerjemahkan

C.     di diskualifikasi

5.        Bacalah teks berikut!

(1) Paus adalah sati dari sekian banyak mamalia air yang istimewa. (2) Mamalia laut, bertubuh besar, cerdas, dan hidup bebas di samudera. (3) Cara bernapasnya juga istimewa. (4) Kalau makhluk laut lain bernapas dengan insang, maka paus menggunakan paru-parunya. (5) Berdasarkan ada atau tidaknya gigi, paus menjadi dua kategori, yaitu paus bergigi dan baleen atau balin atau paus yang tidak bergigi.

Kalimat definisi ditunjukkan pada kalimat bernomor....

A.     (1)                               B. (2)                           C. (3)                           D. (4)                           E. (5)

6.        Berikut yang bukan kalimat definisi adalah....

A.     Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus menerus dari hulu (sumber) menuju hili (muara)

B.     Orang Kanekes atau orang Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat subetnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten

C.     Wayang purwa terdiri atas beberapa gaya atau gagrak, seperti gagrak Kasunanan, Mangkunegaran dal lainnya

D.     Bencana yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini merupakan bencana memilukan yang tengah dirasakan seluruh rakyat Indonesia

E.      Globalisasi yaitu suatu kondisi dimana tidak ada jarak lagi antara satu negara dengan negara yang lainnya dibelahan bumi ini

7.        Bacalah teks berikut!

(1)      Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter kembali mengguncang Lombok. (2) Warga panik dan menyelamatkan diri ke dataran tinggi karena ada informasi peringatan dini tsunami. (3) Kepanikan melanda warga setelah gempa kembali mengguncang Lombok utara, Nusa Tenggara Barat. (4) Jalanan dipenuhi kendaraan yang hendak menuju ke arah dataran yang lebih tinggi, karena gempa dikabarkan berpotensi tsunami. (5) Gempa bumi berkekuatan 7,0 skala richter mengguncang lombok utara pada pukul delapan belas lewat empat puluh enam (18.46) waktu Indonesia tengah. (6) Gempa terjadi 18 km barat laut lombok timur dengan kedalaman 15 kilometer.

Kalimat kompleks/majemuk ditunjukkan pada kalimat berangka....

A.     (1) dan (2)                                                      D. (2) dan (3)

B.     (1) dan (4)                                                      E. (2) dan (5)

C.     (1) dan (5)

 

8.        Bacalah teks berikut!

Dewasa ini, anak-anak remaja di Indonesia kegandrungan musik K-pop, bahkan hal ini sudah menjadi hal yang biasa. Biasanya musik Korea atau music K-Pop mengusung musik dance, yang beraliran hip-hop, serta koreografi dan kostum yang menarik. Sehingga adanya K-Pop ini membawa dampak yang cukup besar bagi para remaja khususnya di Indonesia.

Fenomena K-pop yang masuk ke Indonesia mulai digandrungi oleh masyarakat terutama bagi kalangan remaja. Terlihat antusias remaja yang begitu membara terhadap budaya K-Pop, media tidak mau melewatkan kesempatan emas itu, sehingga media memanfaatkannya dengan cara menayangkan hal yang berhubungan dengan Korea film

Fakta yang terdapat dalam teks tersebut adalah....

A.     Biasanya musik K-pop mengusung musik dance, yang beraliran hip-hop, serta koreagrafi menarik

B.     Fenomena yang terjadi mungkin menyebabkan para remaja lebih menyukai tradisi luar negeri

C.     Media Indonesia juga tidak luput menanyangkan hal tersebut, agar lebih disukai oleh penonton

D.     Dampak yang ditimbulkan cukup besar sehingga akan menggusur budaya Indonesia sendiri

E.      Dewasa ini, anak-anak remaja Indonesia kegandrungan musik K-pop dan menjadi hal yang biasa

 

9.        Kalimat berikut yang merupakan opini/pendapat adalah....

A.     Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan dalam kehidupan

B.     Dalam satu tahun kalender Masehi terdiri dari 12 bulan lamanya

C.     Seharusnya pemerintah lebih tegas lagi dalam memberantas kasus korupsi

D.     Makanan ini terbuat dari ketela pohon yang diolah sedemikian rupa

E.      Kota Jakarta merupakan ibukota negara Republik Indonesia 

10.    Bacalah teks berikut untuk soal nomor 10 dan 11!

Tercemarnya air sungai dan penebangan liar di hutan menyebabkan matinya tumbuhan dan hewan-hewan yang hidup didalamnya. Selain itu juga dapat merusak habitat dan struktur tanah serta perubahan suhu yang disebabkan berkurangnya tumbuhan hijau. Banyaknya kasus tersebut membuat pemerintah bertindak menangkap para penebang liar. Karena akibat yang ditimbulkan jauh lebih besar daripada hasil yang diperoleh dari penebangan liar tersebut. Imbasnya,  seluruh lapisan masyarakat mengalami bencananya, salah satunya adalah tanah longsor.

.Gagasan utama teks eksposisi tersebut adalah....

A.     Habitat tumbuhan dan hewa yang rusak akibat perusabahan suhu karena kurangnya tumbuhan

B.     Para penebang liar yang mengakibatkan kerugian bagi seluruh lapisan masyarakat

C.     Tercemarnya air sungai dan penebangan liar menyebabkan matinya tumbuhan dan hewan

D.     Bencana tanah longsor yang melandan akibat penebangan hutan secara liar

E.      Tercemarnya air sunga karena masyarakat tidak peduli dengan ekosistem lingkungan

11.    Makna kata habitat pada teks di atas adalah....

A.     sekelompok makhluk hidup                           D. tempat hidup organisme

B.     tempat tinggal manusia                                               E. keadaan lingkungan masyarakat

C.     hubungan timbal balik

 

12.    Berikut yang merupakan aktif transitif adalah....

A.     Saat itu Umar dan Maru bertengkar hebat       D. Gina bernyanyi dengan lantang

B.     Matahari bersinar terik                                                E. Shidiq berjalan menuju kelasnya

C.     Indra memakai peci warna hitam

                      

13.    Bacalah teks anekdot berikut untuk soal nomor 13 dan 14!

Alkisah disebuah keluarga yang bahagia ada sepasang kaka beradik yang pergi untuk berkebun, namun tiba-tiba mereka pulang dengan tergesa-gesa.

Kakak : Mah, tolong ini gawat, adik menelan kecoa mahh !!

Mamah : Astaga kok bisa sih kak !! Bagaimana ceritanya ? Cepet kamu panggil ayah supaya ayah bawa dokter kesini.

Kakak : Oh kalau gitu tambah menjadi masalah buuu, tunggu bentar aja kecoanya mati, soalnya kakak udah kasih adik racun serangga tadi 

Yang ada si adik malah mati keles wkwk …

Masalah yang dibahas dalam teks anekdot di atas adalah....

A.     Seorang anak yang menelan kecoa dan di obati racun serangga oleh sang kakak

B.     Anak kecil yang sedang berkebun dan menelan seekor kecoa ke dalam perutnya

C.     Seorang anak yang meminum racun serangga karena menelan kecoa saat berkebun

D.     Seorang anak kecil yang berlibur dengan  keluarganya disebuah kebun keluarga

E.      Anak kecil yang sedang kesakitan karena menelan kecoa dan menelan racun serangga

 

14.    Penyebab kelucuan dari teks anekdot tersebut adalah....

A.     Kakak yang mengalami kejadian yang tidak menyenangkan saat berlibur

B.     Kakak yang membantu adiknya yang menelan kecoa dan membawa ke dokter

C.     Kakak yang memberi obat serangga kepada adiknya yang menelan kecoa

D.     Kakak yang baik hati membantu adiknya dengan mengeluarkan kecoa

E.      Kakak yang tidak peduli terhadap penderitaan adiknya yang menelan kecoa

 

15.    Perhatikan data berikut!

1)      Orientasi

2)      Koda

3)      Abstraksi

4)      Krisis

5)      Reaksi

Urutan struktur teks anekdot yang tepat adalah....

A.     1), 3), 4), 5), 2)                                                           D. 3), 1), 2), 4), 5)

B.     1), 3), 5), 4), 2)                                                           E. 3), 1), 4), 5), 2)

C.     3), 1), 5), 4), 2)

 

16.    Bacalah teks anekdot berikut!

Dalam suatu percakapan antara kakak beradik yang sedang menonton tv berita di chanel tertentu. Sambil menonton mereka saling bertukar pendapat tentang tontonan yaitu para organisasi istri-istri pejabat yang sedang berwisata di suatu tempat di luar negri. ‘’ Lihat Dek, ibu-ibu itu dari atas sampai bawah semuanya mewah, memakai barang merk import semua, dan semuanya kompak,’’.

‘’Memang kenapa, Kak ? Itu hak mereka memakai merk kualitas internasional sesuai dengan kelas mereka. ‘’Iya berkelas tapi lihat deh pakaian rambut mereka yang disemir coklat muda seperti bule, pakaian mereka semua kompak berwarna baby pink dan sepatu high heels mereka yang keterlaluan tingginya padahal berapa usia mereka dan orang sekelas pejabat mana pantas berpakaian seperti itu,’’ jelas si Kakak’’. ‘’Kakak tak tau ya mereka ke luar negeri kan mau konser!” sambung adiknya dengan tertawa geli.

Makna kata kelas dari teks anekdot tersebut adalah....

A.     status sosial                                                     D. gelar masyarkat

B.     dejarat manusia                                                           E. bangsawan

C.     pangkat

 

17.    Kalimat berikut yang bukan kalimat perintah adalah....

A.     Jangan buang sampah sembarangan!              D. Jangan makan makanan yang kadaluwarsa!

B.     Ayo kita kerjakan tugas ini bersama-sama!     E. Apakah ini hasil dari belajarmu selama ini?

C.     Tolong ambilkan kursi yang ada di depan pintu!

 

18.    Bacalah teks anekdot berikut dengan cermat!

Alkisah, ada seorang pengemis tua yang sedang meminta-minta pada satu orang anak muda. “Nak, sedekahnya, Nak,” kata pengemis tersebut.

Anak muda itu lalu mengambil uang sepuluh ribuan dari sakunya. “Kembalikan lima ribu ya, Pak,” harapnya.

Bapak pengemis kemudian menjulurkan mangkuk yang berisi uang kembalian, “Ini, Nak, kembaliannya.”

Lho, Pak, kembaliannya kok tujuh ribu, banyak amat?” tanya si pemuda, heran.

“Oh, nggak apa-apa, Nak. Anggap saja saya sedekah.”

Tema yang tepat untuk teks anekdot di atas adalah....

A.     saling membantu                                             D. kepedulian

B.     toleransi                                                          E. bersedekah

C.     gotong-royong

 

19.    Bacalah teks hikayat berikut untuk soal nomor 19 dan 20!

Dengan wajah berseri-seri, Abu Nawas berangkat menuju istana. Setiba disana, ia memberi salam hormat dan mengucapkan salam. Kemudian Ia berkata, “Maaf Raja, aku menemuimu untuk mengadukan perlakuan tamu yang tak diundang. Mereka memasuki rumahku tanpa izin dan berani memakan makananku yang telah disediakan oleh istriku.

“Siapakah tamu-tamu yang tak diundang itu, wahai Abu Nawas?” tanya sang Raja

“Lalat-lalat ini Raja,” kata Abu Nawas sambil membuka penutup piringnya. “Kalau bukan kepadamu, kepada siapa lagi aku harus mengadukan ketidakadilan ini?” lanjut Abu Nawas.

Nilai yang terkandung dalam teks di atas adalah....

A.     nilai sosial                                                       D. nilai moral

B.     nilai budaya                                                    E. nilai edukasi

C.     nilai agama

 

20.    Alur yang digunakan dalam teks hikayat di atas adalah....

A.     alur maju                                                        D. alur berbingkai

B.     alur mundur                                                    E. alur sorot balik

C.     alur campuran

SOAL URAIAN

21.    Isilah kolom berikut dengan tepat!

 

Kata Berimbuhan

Imbuhan

Kata Dasar

1

Kuasai

 

 

2

Penelitian

 

 

3

Terjadi 

 

 

4

Kebutuhan

 

 

5

Terkontaminasi

 

 

 

Bacalah teks eksposisi berikut untuk soal nomor 22 dan 23!

Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Dan pada usia tersebut, kebanyakan remaja rentan dengan pengaruh negatif dari lingkungan.

Remaja mengalami gejolak emosi karena perubahan berat dan tinggi badan yang berpengaruh juga pada perkembangan psikisnya. Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yang kuat ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Dalam keadaan seperti ini, remaja membutuhkan orang dewasa untuk mengarahkan dirinya. Sebaiknya orang dewasa lebih peka terhadap perubahan tersebut untuk membantu dan mendampingi dalam proses itu.

Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan karakter yang diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli akan membantu remaja melewati masa remaja dengan baik.

 

22.    Tuliskan kembali 2 kalimat fakta dari teks tersebut!

23.    Tuliskan kembali 2 kalimat opini/pendapat dari teks tersebut!

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 24 dan 25!

Di suatu malam yang hening ada percakapan antara ibu dan anak laki-lakinya yang sudah beranjak dewasa. Mereka mebicarakan tentang jodoh si anak yang tak kunjung dating.

Mereka berbicara panjang lebar mengenai jodoh yang diinginkan anaknya. Si ibu bertanya ‘’ Nak, kenapa di usiamu yang sudah berumur tak juga mencari jodoh? Jujur ibu sudah tua sudah ingin menimang cucu’’. ‘’Apakan sudah ada calon apa belum? Jika belum apa kriteria calon yang kau inginkan ?’’.

Si anak laki-laki menjawab, ‘’ Saya trauma dengan yang namanya wanita Bu, dari dulu dekat dengan beberapa wanita cantik tapi mereka hanya mengincar harta dan fisik saya. Saya tidak tahan dengan para wanita seperti itu Bu, Mohon maaf Bu, karena belum bisa membahagiakan Ibu untuk saat ini. Kalau boleh berikan waktu untuk saya selama sebulan dalam mencari jodoh’’. ‘’Tapi Ibu juga harus menerima jodoh saya nanti dengan suka cita dan tidak memandang fisik, materi dan lainnya,pinta si anak dengan nada memohon kepada ibunya.

‘’Baiklah! Ibu menerima segala persyaratanmu. Ibu senang sekali kamu cepet tanggap dengan keinginan Ibu. Ibu sudah tidak sabar ingin menimang cucu yang banyak biar rumah ini jadi rame,’’ jawab si Ibu dengan nada menggebu-gebu.

Setelah sebulan dalam masa pencarian, akhirnya si anak laki-laki mendapatkan jodoh pilihannya juga.

“Ibu ini jodoh saya sambil mengenalkan jodohnya kepada ibunya.’’ Si ibu terkaget-kaget dengan jodoh yang dibawa anaknya, lalu siapa tiga anak tersebut keponakan atau siapa ?’’ tanya si Ibu. Sambil terheran – heran melihat jodoh anaknya yang seumuran dengan ibunya.

Iya Bu, jodoh saya namanya Safitri, dia janda 3 anak, bukannya Ibu ingin cepat-cepat menimang cucu?’’ Ini Ibu sudah bisa menimang cucu malah 3 cucu sekaligus dengan begitu rumah kita bisa menjadi rame seperti harapan Ibu bukan ?Si ibu mendadak pingsan.

 

24.    Apa masalah yang dibahas pada teks cerita tersebut?

25.    Struktur teks abstraksi terdapat pada paragraf ke berapa?

26.    Susunlah sebuah kalimat dengan menggunaan verba (kata kerja) berikut!

a.       Menghentikan

b.      Membawa

c.       Diisolasi

 

Bacalah kutipan teks hikayat berikut untuk menjawab soal nomor !

Zaman dahulu kala, ada seorang kaya hartawan bernama Syekh Hasan, banyak harta dan uang, terkenal disetiap negeri, merupakan orang terkaya, bertempat tinggal di negeri Baghdad, yang tersohor kemana-mana sebagai kota paling ramai saat itu.

Syekh Hasan sangat bijaksana, mengasihi fakir miskin, menyayangi yang kekurangan, menasehati yang berpikiran sempit, mengingatkan orang yang bodoh, diajari ilmu ,yang baik, walaupun harus mengeluarkan biaya, berupa pakaian atau uang, karena itu banyak pengikutnya.

Syekh Hasan saudagar yang kaya raya, memiliki seorang anak laki-laki yang tampan, pendiam dan baik budinya, berusia sekitar tujuh tahun, Ibnu Hasan namanya. Ibnu Hasan sedang lucu-lucunya, semua orang senang melihatnya, apalagi orang tuanya. Namun demikian, anak itu tidak sombong, kalem, walaupun hidupnya dimanjakan, tidak kekurangan sandang, namun Ibnu Hasan tidak suka bersolek, karena itu kedua orang tuanya sangat menyayanginya.

Ayahnya berpikir,”Alangkah salahnya aku, menyayangi diluar batas, tanpa pertimbangan, bagaimana kalau akhirnya dimurkai Allah Yang Agung, aku pasti durhaka, tak dapat mendidik anak, mengkaji ilmu yang bermanfaat.”
Dipanggilnya puteranya, anak itu segera mendekati ayahnya. Diusap-usap putranya sambil dinasihati, bahwa ia harus mengaji, katanya “Sekarang saatnya anakku, sebenarnya aku kuatir, tapi pergilah ke Mesir, carilah jalan menuju keutamaan.

 

27.    Sebutkan tokoh-tokoh yang terdapat pada teks tersebut, disertai dengan wataknya!

28.    Apa penyebab terjadinya permasalahan pada teks tersebut?

29.    Apa pesan/amanat yang dapat kita petik hikmahnya dari teks tersebut?

30.    Cermati kerangka karangan berikut!

Ø  Tema : Kesetiaan dalam persahabatan

Ø  Tokoh dan penokohan

1)      Masdullah   : setia kawan dan peduli kepada sesama

2)      Si Bungkuk : suka mengalah, mudah percaya

3)      Si Panjang/Bedawi: licik egois

Ø  Konflik : pengkhiatan istri si Bungkuk oleh si Panjang/Bedawi dan di lerai Masdullah

Dari kerangka di atas, kembangkan menjadi cerita hikayat yang runtut (minimal 5 baris)!

---------------------------------------------------- Selamat Mengerjakan ----------------------------------------------------------------

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

trenggalek

Definition List


Selamat datang di Blog kecil kami. sebuah catatan perjalanan yang tak pernah usai.

Unordered List

Support