l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l

Kamis, 15 April 2021

CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA SEMESTER 2 KELAS 10

 

KOP

 


Mata Pelajaran                        : BAHASA INDONESIA

Kelas                                                   : X

Waktu                                                 : 90 menit

Hari, Tanggal                                      :              

 


1.        Bacalah teks negosiasi berikut!

Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!

Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah

A.     Teks negosiasi antara perwakilan karyawan dan pengusaha

B.     Kemarahan karyawana terhadap pengusaha

C.     Pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan

D.     Kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah

E.      Keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah

 

2.        Berikut yang merupakan struktur teks negosiasi bagian orientasi adalah....

A.     Pembeli : Selamat siang, Pak.

Penjual : Selamat siang kembali. Maaf, ada yang bisa saya bantu?

B.     Pembeli : Saya ingin beli jaket.

Penjual : Wah, ada mas, silakan tinggal pilih saja yang paling cocok

C.     Pembeli : Kalau yang ini boleh saya tawar, pak?

Penjual : Ooh, boleh mas, memangnya mau ditawar berapa?

D.     Pembeli : 450 ribu boleh, pak?

Penjual: Wah, maaf mas, harga pasnya 700 ribu, mas. Itu sudah diskon 10%.

E.      Pembeli : 600 ribu gimana,pak?

Penjual: maaf, mas, masih belum boleh. Ya sudah penawaran terakhir 650 ribu

 

3.        Bacalah teks negosiasi berikut!

Pembeli  : “Mas saya pengen beli laptop DELL INSPIRON, apakah disini ada?” (1)

Penjual   : “Ada, Mas. Ini, ada beberapa pilihan warna.”

Pembeli  : “Berapa harganya mas untuk yang warna abu-abu ini?” (2)

Penjual   : “Semua warna harganya sama, RP 13.150.000”

Pembeli  : “Harganya boleh kurang enggak, Mas?” (3)

Penjual   : “Paling pas nya RP 12.689.000”

Pembeli  : “Boleh dikurangi lagi enggak, Mas?” (4)

Penjual   : “Wah, harga segitu rasanya tidak bisa, Nak!”

Pembeli  : “Baiklah, Mas. Saya setuju. Ini uangnya” (5)

Kalimat yang menunjukkan penawaran pada teks negosiasi di atas terdapat pada nomor....

A.     (1)                   B. (2)                           C. (3)                           D. (4)                           E. (5)

 

4.        Bacalah kutipan teks berikut!

Andra : Sebentar, Kak, saya cek dulu barangnya. Ada Kak. Telepon merek Sambung Galaksih warna transparan. Harga lima juta, gratis micro sd 8 GB, pelapis anticakar, dan garansi toko seumur hidup.

Sardi  : Wah, itu kemahalan, Mbak. Ini kan tipe lama. Harga pasarannya empat juta. Empat juta saja ya…

Pasangan tuturan yang tepat untuk teks tersebut adalah....

A.     mengucapkan salam > membalas salam

B.     bertanya > menjawab atau tidak menjawab

C.     meminta tolong > memenuhi atau menolak permintaan

D.     menawarkan > menerima atau menolak tawaran

E.      mengusulkan > menerima atau menolak tawaran

5.        Berikut yang tidak termasuk dalam unsur debat adalah....

A.     Tim afirmasi, tim oposisi, tim netral, penyaji, moderator

B.     Tim afirmasi, tim oposisi, tim netral, moderator, penonton,

C.     Tim afirmasi, tim oposisi, tim netral, penulis, penonton

D.     Tim afirmasi, tim oposisi, tim netral, moderator, penulis

E.      Tim afirmasi, tim oposisi, tim netral, penonton, mosi

 

6.        Bacalah kutipan teks debat berikut!

Pembicara pertama tim afirmasi : Saya sangat setuju dengan pendapat tersebut. Mayoritas anak di bawah umur dari kalangan menengah ke atas sudah memiliki gadget untuk keperluan interaksi dengan teman-temannya. Parahnya, anak-anak tidak mau berhenti dan kecanduan bermain gadget yang diberikan orang tuanya. Jadi, menurut saya, pemakaian gadget merugikan anak-anak.

Pembicara pertama tim oposisi : Saya ingin menyanggah pernyataan tim lawan. Gadget tidak selamnya berdampak negatif. Bermain gadget bersama orang tua merupakan pengalaman menyenangkan. Kegiatan ini dapat membangun ikatan emosional antara anak dan orang tua

Mosi yang tepat perdebatan tersebut adalah

A.  Penggunaan gadget dapat mengganggu kesehatan anak

B.  Penggunaan gadget berdampak negatif terhadap anak-anak

C.  Penggunaan gadget menjauhkan anak dan orang tua

D.  Penggunaan gadget dapat menyebabkan kecanduan

E.   Penggunaan gadget dapat membangun hubungan emosional

 

7.        Bacalah kutipan teks biografi berikut!

Elang Gumilang (27) adalah pemilik dan pemimpin perusahaaan Elang Grup. Sejak SMA, Elang sudah gemar berjualan. Bila dulu ia menjual beragam barang seperti donat, minyak goreng, lampu, dan sebagainya. Sejak 2007, ia fokus pada bisnis properti. Pilihan ini dilatarbelakangi keprihatinannya terhadap keluarga yang belum memiliki rumah. Pasar yang dibidiknya kalangan menengah ke bawah. Perjalanan usahanya tidak selalu mulus, tetapi juga diwarnai berbagai tantangan. Baginya tantangan tersebut adalah bonus dari Allah SWT, supaya bisa hidup lebih berkualitas. Saat ini walaupun telah sukses, Elang tetaplah pekerja keras yang sangat sederhana

Sikap yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah....

A.    telaten dan gemar berjualan                           D. suka menolong dan sederhana

B.     pekerja keras dan sangat sederhana               E. pantang menyerah dan tabah

C.     sederhana dan sangat perhatian

 

8.        Bacalah kutipan teks biografi berikut!

Sesuai dengan Keppres No.108 Tahun 1964, Kartini resmi diberi gelar menjadi seorang pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia. Keppres ini juga menetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini. Namanya kini, diabadikan sebagai nama jalanan dibeberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya di kota-kota di Indonesia saja, melainkan di kota-kota di Belanda. Seperti di kota Trecht, Venlo, Amsterdam, dan Harleem. Dan bahkan WR. Supratman membuatkan sebuah lagu untuk mengenang jasa-jasa yang sudah dilakukan oleh RA. Kartini. Lagunya berjudul “Ibu Kita Kartini”.

 

Teks di atas termasuk struktur teks bografi bagian....

A.     orientasi                                                          D. evaluasi

B.     peristiwa penting                                             E. analisis masalah

C.     reorientasi


9.        Bacalah kutipan teks biografi berikut

Ahmad Tohari adalah sastrawan Indonesia yang lahir di Banyumas tahun 1948. Selain menulis sastra beliau juga menulis gagasan-gagasan kebudayaan yang dimuat di berbagai media massa. Ahmad Tohari banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Karyanya yang monumental yang berjudul ‘Ronggeng Dukuh Paruk’ sudah diterbitkan dalam berbagai bahasa, yaitu bahasa Inggris, Belanda, Jepang, dan Jerman. Sebagai penulis sastra yang handal, Ahmad Tohari sudah berjasa mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional. Melalui karyanya, beliau menginformasikan kebudayaan nasional.

Kepribadian unggul yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah....

A.     Mendapatkan banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri

B.     Ia mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional

C.     Seorang penulis gagasan kebudayaan yang banyak dimuat berbagai media

D.     Karya-karyanya yang populer diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa

E.      Seorang penulis sastra yang handal menuliskan karya-karya yang monumental

 

10.    Bacalah kutipan teks biografi!

Di Indonesia, Habibie menjadi Menteri Negara Ristek/ Kepala BPPT selama 20 tahun, ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), memimpin perusahaan BUMN strategis, dipilih menjadi wakil Presiden RI dan menjadi Presiden RI ke 3 setelah Soeharto mundur pada tahun 1998. Pada masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor Timur, sampai akhirnya Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia. Dalam masa jabatannya yang singkat, BJ Habibie telah meletakkan dasar bagi kehidupan demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia dengan disahkannya undang-undang tentang otonomi daerah dan undang-undang tentang partai politik, UU tentang Pemilu dan UU tentang susunan kedudukan DPR/MPR.

 Permasalahan yang dialami tokoh tersebut adalah....

A.     Menjadi Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT

B.     Dipilih menjadi wakil Presiden RI

C.     Memimpin perusahaan BUMN strategis                     

D.     Meletakkan dasar demokrasi dan persatuan wilayah di Indonesia

E.      Pada masa jabatan Habibie, terjadi referendum di Timor Timur

 

11.    Bacalah teks puisi berikut untuk menjawab soal nomor 11, 12, dan 13!

Dari bentangan langit yang semu

Ia, kemarau itu, datang kepadamu

Tumbuh perlahan.

Berhembus amat panjang

Menyapu lautan.

Mengekal tanah berbongkahan,menyapu hutan!

Mengekal tanah berbongkahan!

Datang kepadamu, Ia, kemarau itu

Dari Tuhan, yang senantia diam

Dari tangan-Nya. Dari Tangan yang dingin dan tak menyapa yang senyap.

Yang tak menoleh barang sekejap.

Suasana yang terdapat dalam teks puisi tersebut adalah....

A.     mencekam                                                    D. sedih

B.     kalut                                                             E. menakutkan

C.     gelisah

12.    Tema yang tepat untuk puisi tersebut adalah....

A.     akhlak                                                          D. ketuhanan

B.     alam semesta                                                            E. bencana

C.     pendidikan

 

13.    Makna puisi tersebut adalah....

A.  Seseorang yang berusaha untuk memperbaiki dirinya agar tetap mampu menjalani kehidupan

B.   Seseorang yang merasa bahwa hidupnya terlanjur kacau balau, dan ia memohon ampun pada Tuhan

C.   Seseorang yang sedang memasrahkan dirinya kepada Tuhan akan adanya cobaan yang datang

D.  Seseorang yang sedang dilanda kegelisahan karena banyaknya bencana yang melanda negerinya

E.   Seseorang yang berusaha untuk mengingatkan sesamanya akan cobaan yang akan datang dari Tuhan

 

14.    Perhatikan data berikut!

1)      Rima/sajak

2)      Ekspresi

3)      Diksi

4)      Intonasi

5)      Imaji

6)      Tempo/jeda

7)      Artikulasi

Berikut yang merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi adalah …

A.     1), 2), 3), 4), 6)                                                           D. 1), 2), 4), 5), 6)

B.     1), 2), 4), 5), 7)                                                           E. 1), 2), 4), 6), 7)

C.     1), 2), 3), 5), 7)

15.    Bacalah kutipan teks puisi berikut!

Matahari adalah cahaya jingga

Yang dilepas tangan Sang Krishna

Ia menjadi rahmat dan kutukanmu

Ya umat manusia

Penjedaan yang tepat dalam pembacaan puisi tersebut adalah ….

A.     Matahari /adalah cahaya jingga//                                 D.  Matahari adalah cahaya jingga//

Yang dilepas/ tangan Sang Krishna//                     Yang dilepas/ tangan Sang Krishna//

Ia menjadi rahmat/ dan kutukanmu//                     Ia menjadi rahmat/ dan kutukanmu//

Ya umat manusia//                                                Ya/ umat manusia//

B.     Matahari/ adalah cahaya jingga//                     E.  Matahari adalah cahaya jingga//

Yang dilepas tangan/ Sang Krishna//                     Yang dilepas/ tangan Sang Krishna//

Ia menjadi rahmat/ dan kutukanmu//                     Ia menjadi rahmat/ dan kutukanmu//

Ya umat manusia//                                                Ya umat manusia//

C.     Matahari adalah cahaya jingga//

Yang dilepas tangan/ Sang Krishna//

Ia menjadi rahmat/ dan kutukanmu//

Ya/ umat manusia//

16.    Bacalah kutipan teks puisi berikut!

Ada sajadah panjang terbentang

Dari kaki buaian

Sampai ke tepi kuburan hamba

Kuburan hamba bila mati

Ada sajadah panjang terbentang

Hamba tunduk dan sujud

Di atas sajadah yang panjang ini

Diselingi sekedar interupsi

Mencari rezeki mencari ilmu

Mengukur jalanan seharian

Begitu terdengar suara adzan

Kembali tersungkur hamba

Komentar yang tepat dalam pembacaan kutipan teks puisi tersebut adalah….

A.     Puisi tersebut lebih tepat dibacakan saat seseorang sedang merasa termenung

B.     Puisi tersebut akan terdengar lebih indah jika dibacakan oleh seorang selebriti

C.     Puisi tersebut terasa lebih hidup jika pembacaannya dengan mendayu dayu

D.     Puisi tersebut akan lebih menyayat hati jika diiringi dengan musik yang sesuai

E.      Puisi tersebut tepat dibacakan ketika seseorang tidak melakukan pekerjaan baik

17.    Bacalah kutipan teks puisi berikut!

Seekor kupu-kupu

Terbang dan hinggap di bunga

Sayapnya warna-warni

Menghisap madu

Dalam sentuhan semilir angin

Makna kata warna warni adalah....

A.     Keramaian      B. Kegalauan               C. Kecantikan              D. Keindahan              E. Kemeriahan

18.    Bacalah kutipan teks puisi berikut!

Tak ada yang lebih tabah

Dari hujan bulan  Juni

Dirahasiakannya rintik rindunya

Kepada pohon berbunga itu

1)      [ . . . ]

Dari hujan bulan Juni

Dibiarkannya yang tak terucap

2)      [ . . . ]

 

Larik yang tepat untuk melengkapi teks puisi rumpang tersebut adalah....

A.     1) tak ada yang lebih arif                                            D. 1) tak ada yang lebih arif

2) diserap akar pohon bunga itu                                                    2) yang ragu-ragu di jalan itu

B.     1) tak ada yang lebih bijak                                          E. 1)  tak ada yang akan abadi

2)yang ragu-ragu di jalan itu                                             2) kepada hijaunya daun

C.     1) tak ada yang lebih indah                                            

2)disapu gelombang kesunyian

 

19.    Berikut contoh penggunaan rima mutlak adalah....

A.     Pagiku hilang sudah melayang                                    D. cinta adalah matahari

Hari mudaku telah pergi                                                    bukan membakar bara

Kini petang datang membayang                                        tapi menyinari rona

Batang usiaku sudah tinggi                                    menghidupkan dan mengilhami

B.     Dalam termangu                                             E. Darah bertumpah ruah

Aku masih menyebut namamu                             tak mnjadi halangan memegang sumpah

Biar susah sungguh                                               karena kemerdekaan bangsa adalah hak

Menginat kau penuh seluruh                                 yang kau junjung dengan telak

C.     Kuteringat hati yang bertabur mimpi

Kemana kau pergi cinta

Perjalanan sunyi engkau tempuh sendiri

Kuatkanlah hati cinta

 

20.    Bacalah teks berikut!

Buku ini menceritakan tentang para penulis dengan tempat-tempat yang mereka singgahi. Tiga penulis buku ini adalah sukarelawan lembaga sukarelawan internasional Voluntary Service Organization (VSO) Indonesia. Mereka adalah Jeff Kristianto, Nina Silvia, dan Rini Hanifa.

Mereka datang dari beragam latar belakang. Jeff pemilik usaha kerajinan dan restoran di Bali. Nina bekerja di lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Padang dan Rini staf lembaga donor internasional. Ketiganya bergabung sebagai volunteer VSO, sebagai angkatan pertama voluntir Indonesia, di masing-masing negara penempatan.

 

Rangkuman isi buku teks nonfiksi tersebut adalah….

A.     buku yang menceritakan tentang tokoh Jeff Kristianti dan teman-temannya sebagai sukarelawan internasional, selain mempunyai berbagai bidang profesi lain

B.     buku tentang tokoh Jeff Kristianto dan teman-temannya dalam menekuni bidang profesi masing-masing yang bergabung dalam sebuah organisasi

C.     buku yang berkisah tentang perjuangan Jeff Kristianto sebagai salah satu pendukung lembaga swadaya masyarakat

D.     buku yang dilatarbelakangi dari seorang tokoh bernama Jeff Kristianto sebagai salah satu pemilik usaha kerajinan dan restoran di Bali

E.      buku tersebut bercerita tentang perjuangan Jeff Kritianto dalam memperjuangkan rakyat Bali untuk mejaddi pioner-pioner handal di bidang kerajinan

 

 


A.     SOAL ESSAY


 UNTUK KISI -KISI DISINI : KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER BAHASA INDONESIA


21.    Bacalah teks negosiasi berikut!

Pak. Amru : Halo, Assalamualaikum
Bu. Piti : waalaikumsalam. Iya, Am. Ada apa?
Pak.Amru : Ini, Pit. Sore ini aku ingin berkemah. Apa aku boleh meminjam peralatan berkemah milikmu?
Bu. Piti : Ya, tentu saja boleh. Memang akan dipinjam sampai berapa lama?
Pak. Amru : Ya..kira-kira 1 minggu, Pit. Bagaimana?
Bu. Piti : Wah, kalau 1 minggu tidak bisa, Am. Mungkin hanya bisa 3 hari.
Pak. Amru : Apa tidak bisa lebih lama? Bagaimana kalau 5 hari ?
Bu. Piti : Mungkin 4 hari cukup, Am.
Pak. Amru : Baiklah, 4 hari saja. Oke?
Bu. Piti : Oke, kapan kamu mengambil peralatannya?
Pak. Amru : setelah ini aku akan pergi ke rumahmu dan mengambilnya. Terimakasih, Pit. Assalamualaikum.
Bu. Piti : sama-sama. Waalaikumsalam.

 

Tentukan struktur bagian orientasi dan persetjuan dari teks tersebut!

 

22.    Susunlah kalimat negosiasi dengan menggunakan tuturan pasangan berpola mengusulkan >< menolak usulan!

 

23.    Bacalah kutipan teks debat berikut!

Kami dari tim afirmasi sangat menyetujui keputusan pemerintah mengenai full day school bagi sekolah. Dengan ada full day school, siswa-siswa dapat belajar secara optimal dan diawasi langsung oleh guru pembimbing mata pelajaran siswa

Tuliskan kalimat penolakan dari tim afirmasi tersebut minimal 2 kalimat!

 

24.    Bacalah kutipan teks biografi berikut

Pada masa kanak-kanak kecerdasaan Einstein terutama di bidang Matematika mulai terlihat. Akan tetapi, Ayahnya bukanlah orang yang kaya raya sehingga kesulitan untuk menyekolahkan Einstein. Oleh karena itu, ia harus bekerja keras untuk melanjutkan pendidikannya.

Beruntungnya Einstein memiliki kerabat keluarga yang kaya raya dan bersedia menyekolahkannya hingga masuk Universitas Zurich. Tahun 1900, Ia telah menyelesaikan studinya dan memilih menjadi warga negara Swiss. Setelah lulus, Ia bekerja sebagai pegawai kantor patent di negara tersebut.

Akan tetapi, pekerjaan tersebut tidak melunturkan minatnya terhadap matematika dan fisika. Buktinya, setiap waktu senggang selalu dimanfaatkannya untuk memecahkan persoalan fisika dan matematika yang rumit. Salah satu karya papernya yang paling terkenal adalah tulisannya mengenai teori relativitas

 

Tentukan kepribadian unggul tokoh dalam teks tersebut!

 

25.    Bacalah kutipan teks berikut!

Sejak beliau kecil, Sudirman tergolong anak yang pandai dan sangat menyukai organisasi. Sudirman mendapatkan pendidikan formal dari sekolah Taman Siswa, lalu melanjutkannya ke HIK sekolah guru Muhammadiyah, Surakarta, tetapi tak sampai tamat hanya 1 tahun saja. Ia juga pernah ikuti pendidikan tentara PETA di Bogor. Sekolah di HIS Muhammadiyah, tak lama ia pun menjadi seorang guru. Tak lama beliau menjadi kepala sekolah. Sudirman pun pernah terdaftar jadi anggota Badan Pengurus Makanan dan anggota DPR Karesidenan Banyumas. Untuk menolong rakyat dari bahaya kelaparan ia mendirikan koperasi.

Setelah itu, ia menjadi Panglima Divisi V amenggunsf di Banyumas dengan pangkat Kolonel, namun setelah TKR terbentuk, beliau terpilih menjadi Panglima Angkatan Perang RI. Jendral Sudirman ialah pahlawan sejati yang rela mengorbankan hidupnya demi Indonesia. Ia pun sanggup mempertaruhkan segalanya demi kemerdekaan Indonesia, walaupun kesehatannya kurang baik.

Dari teks tersebut, tentukan 3 kata sambung!

 

26.    Susunlah 3 kalimat dengan menggunakan kata kerja pasif!


27.    Bacalah teks puisi berikut!

HAMPA

Sepi di luar. Sepi menekan mendesak
Lurus kaku
pepohonan. Tak bergerak
Sampai ke puncak. Sepi memagut
Tak satu kuasa melepas renggut
Segala menanti. Menanti. Menanti

Sepi
Tambah ini menanti jadi mencekik
Memberat mencekung punda
k
Sampai binasa segala. Belum apa-apa
Udara bertuba. Setan bertampik
Ini sepi terus ada. Dan menanti

 

Dari teks puisi tersbut tentukan arti/makna puisi!

 

Bacalah teks puisi berikut untuk menjawab soal nomor 28 dan 29!

Semakin kuberlari

Semakin kutemukan diriku yang tak berarti

Hari-hari berganti

Dan kusadari

Semua ini hanya ilusi

Tak pernah kumengerti

Dan belum juga kupahami

Apa arti hidup ini yang semakin hilang kendali

 

28.    Dari puisi tersebut tentukan tema yang tepat!

 

29.    Jenis rima yang digunakan dalam puisi tersebut adalah?

 

30.    Perhatikan gambar berikut!

 

Dari gambar di atas, susunlah menjadi sebuah puisi (minimal 7 larik)!

 

 UNTUK KISI -KISI DISINI : KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER BAHASA INDONESIA

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

trenggalek

Definition List


Selamat datang di Blog kecil kami. sebuah catatan perjalanan yang tak pernah usai.

Unordered List

Support