l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l l

Kamis, 15 April 2021

Contoh SOal Bahasa Indonesia Semester 2 Kelas 11

 

KOP

 


Mata Pelajaran                        : BAHASA INDONESIA

Kelas                                                   : XI

Waktu                                                 : 90 menit

Hari, Tanggal                                      :              

 


SOAL PILIHAN GANDA

1.        Bacalah teks berikut!

1)         Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW  bagi kaum muslim merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. 2) Yang telah menunjukkan jalan yang menuju keridhoan Allah SWT yakni berupa agama islam yang dituntun dengan ajaran yang bersumber pada hukum islam yakni Al-Quran dan Al-Hadist. 3) Dengan memperingati Isra Miraj  Nabi Muhammad SAW, diharapkan kita dapat mentauladani akhlaq yang mulia dari Nabi Muhammad SAW. 4) Dan mengajarkan serta mengamalkan ajaran yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. 5) Maka dari itulah, sudah seharusnya kita mengikuti apa yang telah diajarkan untuk selalu berpedoman pada Al Quran dan Al Hadist

Informasi penting dari kutipan teks tersebut adalah ....

A.     Al Quran dan Al Hadist ebagai sumber hukum islam bagi kaum muslim

B.     Mengamalkan dan mentauladani akhlah yang mulia Nabi Muhammad SAW

C.     Mengajarkan kepada kaum  muslim untuk tetap berpedoman pada syariat agama

D.     Mengharap ridho Allah SWT dengan tuntutan ajaran yang bersumber pada hukum islam

E.      Peringatan Isra Miraj sebagai wujud cinta kasih kaum muslim kepada Nabi Muhammad SAW

 

2.        Kalimat persuasif terdapat pada kalimat berangka ...

A.     1)                    B. 2)                            C. 3)                            D. 4)                            E. 5)

 

3.        Cermati data berikut!

1.      Memperingati hari besar Islam “Isra Mi’raj” Nabi Besar Muhammad SAW, sebagai jelmaan kemahabbahan masyarakat pada junjungan alam penutup para anbiya.

2.      Mengadakan forum atau media persaudaraan dengan perlombaan yang mendidik

3.      Media introspeksi diri dalam menjalani kehidupan sehingga berpengaruh pada daya spiritualitas masyarakat akan kualitas dan persentasi keimanan

Dari data tersebut merupakan teks proposal bagian ....

A.     Latar belakang                                                            D. Manfaat penelitian

B.     Rumusan masalah                                           E. Hasil kegiatan

C.     Tujuan penelitian

 

4.        Bacalah kalimat-kalimat berikut!

1)      Yang dilakukan Tim SAR sekarang ialah mencari dan mengevakuasi korban gempa, selain fokus dalam pencarian Tim SAR juga harus cekatan dalam bertindak

2)      Motivasi agar generasi mendatang menjadi lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat untuk mendalami ilmu islam.

3)      Atas dukungan baik materiil maupun moril dan partisipasi dari semua pihak, kami sampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya. 

4)      Pentas seni merupakan ajang yang tepat untuk menggali kreativitas siswa-siswi di luar potensi akademik.

5)      Perkembangan dunia olahraga ini pada umumnya telah mengalami perkembangan pada beberapa tahun terakhir

Kalimat yang menggunakan kata perincian adalah ....

A.     1)                    B. 2)                            C. 3)                            D. 4)                            E.5)

5.        Berikut sistematika penulisan teks proposal yang tepat adalah ....

A.     Latar belakang masalah— rumusan masalah— tujuan penulisan— manfaat penelitian—metode penelitian

B.     Latar belakang masalah—rumusan masalah—metode penelitian— manfaat penelitian— tujuan penulisan

C.     Latar belakang masalah—rumusan masalah—tujuan penulisan—metode penelitian—manfaat penelitian

D.     Latar belakang masalah— tujuan penulisan— rumusan masalah—metode penelitian—manfaat penelitian

E.      Latar belakang masalah— tujuan penulisan— rumusan masalah— manfaat penelitian — metode penelitian

6.        Bacalah teks berikut!

Kegiatan perkemahan ini adalah kegiatan mandiri swadana dari gerakan pramuka dan peserta kegiatan serta bantuan dari lembaga. Rincian sumber dana dan biaya kegiatan terlampir. Hal-hal yang belum tercantum dalam proposal ini akan ditentukan kemudian.

[ . . . ]

 

Paragraf penutup yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....

A.    Demikian proposal ini kami buat. Kami menghrapakan partisipasi dan dukungan dari Bapak / Ibu yang bersangkutan. Semoga acara ini dapat terlaksana dengan lancar. Atas perhatian Bapak / Ibu, kami ucapkan terima kasih

B.    Demikian proposal ini kami buat, agar dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan perkemahan akhir tahun akan datang. Kami sangat mengharap dukungan semua pihak agar pelaksanaan kegiatan ini dapat sukses sebagaimana yang kita harapkan

C.    Demikianlah proposal ini dibuat. Besar harapan kami untuk mendapatkan dukungan dan partisipasi pihak sekolah. Semoga adanya acara Pentas Seni (Pensi) ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik seperti halnya yang kami harapkan

D.    Demikian proposal kegiatan halal bi halal ini kami buat. Besar harapan dari kami agar Bapak dan Ibu bersedia membantu biaya demi kelancaran agenda kami. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih

E.    Demikian proposal ini kami buat. Kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dari perusahaan Bapak/Ibu berupa kerjasama dengan kegiatan yang kami gelar. Semoga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan

 

7.        Cermati tema berikut!

Topik : Perlindungan terhadap perokok pasif

Kalimat latar belakang yang tepat untuk topik di atas adalah ....

A.     Banyak perokok yang meras disalahkan jika merokok di dekat orang

B.     Merokok merupakan kebutuhan seseorang untuk bergaya hidup bebas

C.     Banyak penyakit yang diderita oleh perokok baik pasif maupun aktif

D.     Pencemaran udara banyak disebabkan oleh kepulan asap rokok yang perokok

E.      Banyak perokok tidak menyadari dampak negatif asap rokok terhadap orang disekitarnya

 

8.        Perhatikan data berikut!

1)      Kerangka teori

2)      Metode penelitian

3)      Pendahuluan

4)      Kesimpulan

5)      Analisis data

Urutan penulisan karya ilmiah yang benar adalah ....

A.     3)-1)-5)-2)-4)

B.     3)-1)-2)-5)-4)

C.     3)-2)-1)-5)-4)

D.     3)-2)-5)-1)-4)

E.      3)-5)-2)-1)-4)

 

9.        Perhatikan kalimat berikut!

Judul : Dampak penggunaan internet bagi pelajar dan menurunnya motivasi belajar

 

Perbaikan penulisan judul karya ilmiah yang tepat adalah ....

A.     Dampak Penggunaan Internet Bagi Pelajar Dan Menurunnya Motivasi Belajar

B.     Dampak Penggunaan Internet Bagi Pelajar Dan Menurunnya Motivasi belajar

C.     Dampak Penggunaan Internet bagi Pelajar dan Menurunnya Motivasi Belajar

D.     Dampak Penggunaan Internet Bagi Pelajar dan Menurunnya Motivasi Belajar

E.      Dampak Penggunaan Internet bagi Pelajar Dan Menurunnya Motivasi Belajar

10.    Bacalah kedua teks berikut!

Teks I

Teks II

Pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang makna dari pendidikan. Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan, sama halnya dengan kegiatan-kegiatan lain. Seperti kegiatan ekonomi, agama, hukum, dan lain-lain. Selain itu, kita sebagai manusia juga dapat mempelajari pendidikan secara akademik. Baik itu secara empirik yang bersumber dari pengalaman seseorang, maupun dengan jalan perenungan-perenungan. Yang pertama kita sebut sebagai praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut sebagai teori pendidikan. Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dengan nilai.

Novel ini menceritakan tentang kehidupan 10 anak yang bersahabat di Provinsi Bangka Belitung. 10 anak yang teridiri dari 9 anak laki-laki dan 1 anak perempuan tersebut berasal dari keluarga yang miskin. Meskipun mereka hidup dalam kemiskinan, tapi mereka tetap bersemangat untuk menimba ilmu di sekolah yang serba ala kadarnya.

Sekolah tersebut memang sudah tak layak pakai dan hanya memiliki 10 murid yaitu 10 anak yang bersahabat tersebut. Karena sudah dianggap tak layak dan muridnya terlalu sedikit sekolah tersebut hampir ditutup. Namun akhirnya sekolah tersebut tidak jadi ditutup dan 10 anak tersebut dapat tetap meraih cita-citanya.

Perbandingan kedua teks tersebut adalah ....

 

Teks I

Teks II

A

Mengulas karya sastra klasik

Mengulas karya sastra modern

B

Mengulas teks deskripsi

Mengulas teks eksplanasi

C

Mengulas kata serapan

Mengulas kata konkret

D

Mengulas buku nonfiksi

Mengulas buku fiksi

E

Mengulas penggunaan konjungsi

Mengulas penggunaan kata ilmiah

 

11.    Cermati data berikut!

Judul buku          : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Pengarang
          : Buya Hamka
Penerbit
               : PT. Bulan Bintang
Tahun terbit
        : 2012
Jumlah halaman : 225 halaman

 

Struktur teks resensi tersebut terdapat pada bagian ....

A.     Identitas buku                                                 D. Kekurangan buku

B.     Sinopsis buku                                                 E. Simpulan buku

C.     Keunggulan buku

 

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 12, 13, dan 14!

Novel ini menceritakan masa pemerintahan Hindia Belanda yang pada saat itu Indonesia sedang diajah oleh belanda menjadi resiko tersendiri. Dalam cerita ini menceritakan tentang sebuah kerinduan yang banyak menjadi beban di hati. Pada masa itu orang-orang yang memiliki ekonomi tinggi diberi fasilitas untuk beribadah haji oleh pemerintah Hindia Belanda. Perjalanan ibadah haji tersebut menggunakan kapal besar bernama Blitar Holland. Di kapal ini lah semua cerita yang ada di novel terjadi. Banyak cerita dari berbagai tokoh yang berlatar di kapal ini. Salah satunya adalah diceritakan keluarga Daeng Adipati yang terdiri dari orang tua, anak, dan pembantunya. Kedua anak Daeng sangat senang dengan perjalanan tersebut tanpa mengetahui apa yang dipikiran ayahnya. Novel ini pun digadang-gadang akan diangkat menjadi film Indonesia

Ambo Uleng adalah salah satu tokoh juga yang merupakan seorang pelaut. Ia menaiki kapal Blitar Holland ini tanpa adanya tujuan, ia hanya ingin pergi jauh saja. Ambo Uleng pergi dari kotanya yaitu di Makassar. Ia ingin pergi sejauh mungkin meninggalkan kisahnya yang pilu di Makassar. Novel ini memiliki latar tempat yang berbeda dengan novel lainnya. Kapal besar yang ada di novel tersebut seolah-olah menjadi tempat yang nyaman dihuni seperti di kampung. Ceritanya juga menarik dan alurnya mengalir sehingga nyaman dibaca. Sampul novel ini kurang menarik pembacanya serta tidak berkesinambungan dengan isi yang disampaikan dalam cerita.

 

 

12.    Kalimat yang mengungkapkan keunggulan buku tersebut adalah ....

A.  Novel ini mengandung banyak amanat apalagi mengenai ranah budaya. Bahasa yang digunakan mudah untuk dimengerti

B.   Alur yang dimiliki novel ini acak namun sangat menarik. Alur yang cak tersebut memilki satu ikatan yang utuh

C.   Cerita dalam filmnya hampir sama persis dengan novelnya, tidak ada perubahan yang terjadi. Film ini banyak mengandung pesan moral untuk penontonnya

D.  Novel ini memiliki latar tempat yang berbeda dengan novel lainnya Ceritanya juga menarik dan alurnya mengalir sehingga nyaman dibaca

E.   Dilihat dari segi bahasanya buku juga cocok untuk siswa yang masih duduk di bangku sekolah karena bahasanya yang mudah dipahami

 

13.    Kalimat yang menyatakan kekurangan buku tersebut adalah ....

A.  Banyak kata-kata yang tidak baku dan tidak efisien pada novel ini. Selain itu banyak ditemukan juga diksi yang tidak pas.

B.   Terdapat perbedaan dengan novel aslinya. Salah satu perbedaan tersebut adalah di novelnya Nur dan Dian menikah, namun pada filmnya tidak ada

C.   Sampul novel ini kurang menarik pembacanya serta tidak berkesinambungan dengan isi yang disampaikan dalam cerita

D.  Terdapat gagasan yang tidak semua pembaca dapat mengerti, Sehingga yang tidak terbiasa dengan membaca akan sulit mengerti cerita dalam buku ini

E.   Ada beberapa bahasa Minang yang tidak terdapat terjemahannya. Sehingga banyak orang yang tidak bisa menerjemahkannya.

 

14.    Penggunaan kata serapan yang tidak tepat pada teks tersebut adalah ....

A.     Fasilitas = Vasilitas                                         D. Resiko = Risiko

B.     Ekonomi = Economi                                       E.  Sampu = Cover

C.     Film = Filem

 

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 15, 16, dan 17!

Rudi       : “Teman-teman, Bu Sarmun, wali kelas kita dikabarkan sakit dan kini sedang dirawat di rumah sakit. Bagaimana kalau kita menengok Bu Sarmun sekarang?”

Edo        : (Nada suara agak meninggi) Sekarang? “Apa tidak terlalu terburu-buru? Menurut saya, alangkah baiknya kita bicarakan dulu dengan teman-teman sekelas. Masa kita menengok Bu Sarmun tanpa membawa buah tangan?”

Adi         : (Sambil mengacungkan tangan) “Ya, saya sepakat dengan Edo. Kita bicarakan dulu dengan teman-teman sambil mencoba mengumpulkan dana.”

Nura      : (Sambil mengernyitkan dahi) “Hmm, bukankah uang kas masih ada?”

Rudi       : “Uang kas untuk keperluan kelas, Nura. Untuk Bu Sarmun lebih baik kita mengumpulkan dana lagi. Masa sih teman-teman ga mau patungan? Bu Sarmun itu wali kelas terbaik loh.”

 

15.    Tahapan alur yang digunakan pada teks tersebut adalah ....

A.     Orientasi                                                         D. Resolusi

B.     Komplikasi                                                     E. Koda

C.     Klimaks

 

16.    Penyebab konflik yang terjadi pada teks tersebut adalah ....

A.     Bu Sarmun, wali kelas mereka sedang sakit dan dirawat di rumah sakit

B.     Rudi dan teman-temanya ingin menjenguk Bu Sarmun yang sedang sakit

C.     Adi menolak mengkuti ide teman-temannya untuk menjenguk Bu Sarmun

D.     Kebingungan mendapat dana untuk membeli oleh-oleh untuk Bu Sarmun

E.      Uang kas yang tidak boleh digunakan menjenguk Bu Sarmun yang sedang sakit

 

17.    Watak tokoh Rudi pada kutipan teks tersebut adalah ....

A.     Bijaksana                                                        D. Bertanggung jawab

B.     Peduli                                                             E. Percaya diri

C.     Dermawan

18.    Berikut penulisan kalimat langsung yang benar adalah ....

A.     Bibi bertanya, “Kapan aku akan berkunjung ke Solo”?

B.     Paman bertanya,”Kapan kamu main ke rumah paman di Malang?”

C.     Ibu berkata kepadaku “Jika aku memang benar – benar anak yang baik

D.     Yusep berkata bahwa “Ia sangat menyukai bunga mawar dan bunga anggrek

E.      Kakak pamit kepada ibu,”Bahwa dia akan pergi dengan teman – temannya

 

19.    Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20!

Rosana    : Malam Jumat Kliwon, Pak! Bukankah hari kelahiran ibu juga jatuh pada hari Jumat Kliwon?

Dahlan    : Ya, beutl! Ibumu waktu mau meninggal kurang satu minggu sudah ada tanda-tanda.....nasihat-nasihat berharga. Masa hidupnya banyak meninggalkan kesan teladan. Tetapi....juga ada kelemahannya.

Rosana    : Kelemahan? Memang manusia tidak ada yang sempurna

Dahlan    : Ya, jangan sampai menurun pada anak cucu. Ibumu dahulu sakit-sakitan karena banyak pikiran. Ikut-ikutan orang jual-beli perhiasan. Barangnya hilang, ibumu gigit jari menanggung hutang. Siapa lagi kalau bukan Bapak yang turun tangan?

Rosana    : [ . . . ]

Dahlan    : Apa? Bapak rasa tidak ada! (Tongkat terjatuh, kemudian dipungut lagi)

Rosana    : Maaf, Pak.. ibu bertambah sakit akibat Bapak dahulu sering mabuk judi, bukan? Ros masih ingat barang-barang rumah dilelang. Habis terjual!

Dahlan    : Ya...., itu akibat perbuatan ibumu, tahu! (keras). Serakah dan mau menang sendiri. Mudah-mudahan pengalaman pahit, miskin, tidak terulang lagi!

 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....

A.     Bagaimana jika Bapak punya kelemahan?

B.     Kapan Bapak merasa bahwa Bapak punya kelemahan?

C.     Mengapa Bapak yakin bahwa Bapak tidak punya kelemahan?

D.     Apa Bapak tidak yakin punya kelemahan sama sekali?

E.      Bukankah pada diri Bapak juga ada kelemahannya?

 

20.    Amanat yang terdapat pada teks tersebut adalah ....

A.     Sifat serakah dan suka berjudi akan  membuat seeorang hancur

B.     Nasib manusia tergantung dari cara kita melaksanakan pola hidup

C.     Tabiat buruk berakibat pada orang-orang yang ada di sekeliling kita

D.     Kebohongan akan membawa kita pada kehancuran diri sendiri

E.      Bersikap jujur kepada diri sendiri maupun kepada orang lain

 


SOAL URAIAN

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 21 dan 22!

Menurut Kamariah (2009) lumpur Lapindo berpotensi sebagai bahan baku utama pembuatan komposit untuk bahan bangunan yang dikompositkan dengan semen (PC) dan sabut kelapa (coco fiber) yang ramah lingkungan dengan mengetahui karaktristik mekanik dan kimia dari komposit.  Untuk Cocofiber sendiri yaitu bahan limbah yang sebenarnya dapat digunakan dalam pembuatan material tertentu, (seperti: beton, genteng, batu bata, dll) dengan tujuan untuk menaikkan kekuatan material tersebut terhadap gaya lentur. Hal ini menandakan bahwa lumpur lapindo bercampur sabut kelapa dapat di jadikan genteng beton yang  untuk  meningkatkan  karakteristik  mekanik  komposit  bahan bangunan.

Dengan Permasalahan yang ada di atas, kami mengajukan gagasan pembuatan GENRAM:genteng beton ramah lingkungan berbahan dasar lumpur lampindo dan serabut kelapa yang mana keduanya adalah limbah yang tidak terpakai dalam pengunaanya juga kurang optimal. Untuk mengatasi efek dari global warming akibat dari gas CO2 dapat di lakukan penambahan nanozeolite pada komposisi genteng beton.

21.    Tentukan 2 informasi penting yang terdapat pada kutipan proposal tersebut!

 

22.    Kutipan teks tersebut merupakan jenis teks proposal?

 

Bacalah kalimat berikut  untuk menjawab soal nomon 23 dan 24!

Judul : Media sosial melemahkan karakter bangsa

23.    Dari judul tersebut, tuliskan 2 tujuan  penulisan karya ilmiah

 

24.    Tuliskan sebuah paragraf saran yang tepat berdasarkan judul tersebut!

 

25.    Bacalah kutipan teks berikut!

Aktivitas menulis sering kali dikaitkan dengan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Tidak selamanya bakat bisa membuat aktivitas tulis menulis menjadi selancar dan semudah apa yang kita bayangkan. Berulang kali pakar ahli menyatakan bahwa menulis adalah pelajaran dasar yang sudah kita peroleh semenjak dibangku sekolah dasar dan bahkan di taman anak-anak. Dengan kata lain, mengarang adalah keterampilan ketika sekolah dasar. Namun, sering kali ketika kita hendak menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, kata “bakat” selalu dijadikan sebagai kambing hitam yang selalu dipersalahkan. Materi yang terkandung dalam buku ini memberikan semangat pada pembaca untuk dapat berkarya, yaitu dengan cara menulis dan mengarang. Buku ini juga mampu menyajikan ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar menulis dan mengarang. Secara implisit buku ini ditulis secara asal dan terkesan mahal.

Dari kutipan teks tersebut, tentukan:

a.       Keunggulan buku

b.      Kekurangan buku

 

26.    Perhatikan gambar berikut!

 

Dari gambar tersebut, susulah teks resensi bagian identitas buku!

27.    Buatlah kalimat menggunakan konjungsi berikut:

a.       Kemudian

b.      Karena

c.       Yaitu

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor !

Pak Asep : Baik anak-anak, silahkan buka lembar soalnya sekarang!

Ririn        : Bismillah.

Robi      : Soal ini kan gampang sekali. Kalau gini kan gak akan ketahuan. (Sambil menempelkan kertas contekan di pungguh Pak Asep).

Pak Asep : Bapak keluar dulu, ingat jangan nyontek atau bertanya pada temannya ya. Dan satu lagi, jangan ribut. (keluar kelas).

Robi        : Rencana B dimulai (menyilangkan kaki dan melihat kertas contekan di atas sepatunya).

Robi        : Ah, bukan yang ini (bingung)

Robi        : Ah yang ini nih! (sambil mengeluarkan kertas contekan dari dasi).

Robi      : Selesai (sambil merebahkan diri di kursi, tersenyum puas sambil melirik teman-temannya yang lain belum selesai mengerjakan).

Akhirnya ulangan selesai, dan Pak Asep membagikan kertas hasil ujian kepada semua siswanya.

Pak Asep : Ini hasil ujian kalian (sambil membagikan kertas).

Ririn        : Hore! Nilaiku 85 (tersenyum puas.

Zainal      : Hahahaha, aku dapat 65. Lumayan ujian kemarin cuma 60.

Robi        : Lhah Pak, kok nilai ujian saya cuma 50?

Pak Asep : Sebab soal nomor 11-20 di balik kertas gak kamu isi.

Robi        : Apa? Masih ada soal lagi?

Ririn      : Hahahaha, kamu kalah Roy! Dengan ini saya perintahkan kamu gak nyontek lagi waktu ujian! (sambil menunjuk-nunjuk Roy dengan tertawa lepas).

Pak Asep : Apa? Jadi kamu kemarin nyontek? Oke, kalau begitu nilai kamu saya kurangi 5 poin lagi!

Robi         : Aduuuh, apes benar aku ini (mengucek-ngucek rambut)

Akhirnya, Robi menyadari kesalahannya dan berjuang keras untuk belajar. Dia tidak pernah menyontek saat ujian lagi

 

28.    Dari teks tersebut tentukan:

a.       Watak tokoh Robi

b.      Penyebab konflik

c.       Akibat konflik

 

29.    Tentukan amanat yang tepat berdasarkan kutipan teks tersebut!

 

30.    Bacalah kalimat berikut!

masa kau tidak bisa? Berenang itu sangat mudah, julurkan saja kakimu,” Ulu menjulurkan kakinya, “ dan tendang ke belakang seperti ini! Ups, maaf, kakimu kan pendek.” Sambil tertawa, Ulu melompat meninggalkan semut

 

Perbaiki penulisan kalimat langsung yang salah tersebut!

 

.

 

 

 

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

trenggalek

Definition List


Selamat datang di Blog kecil kami. sebuah catatan perjalanan yang tak pernah usai.

Unordered List

Support